Home > Tanah Pertanian > Peranan Tanah > Biologi Tanah

Biologi Tanah

Tanah merupakan habitat atau tempat hidup berbagai jenis organisme atau jasad hidup di dalam tanah. Berdasarkan fungsinya, secara umum terdapat dua golongan jasad hidup dalam tanah, yaitu organisme yang menguntungkan dan yang merugikan. Organisme yang menguntungkan adalah jenis organisme yang terlibat dalam proses penguraian atau dekomposisi bahan organik, mengikat atau menyediakan unsur hara dan atau pembentukan serta perbaikan struktur tanah.

Sedangkan organisme yang merugikan adalah organisme yang memanfaatkan tanaman hidup, baik sebagai sumber pangan atau sebagai inangnya yang disebut sebagai hama atau penyakit tanaman maupun sebagai kompetitor dalam penyerapan hara dalam tanah. Coba perhatikan Gambar 1. 33 berikut. Gambar ini menunjukkan suatu hubungan yang erat antara organisme tanah dan kesuburan tanaman. Tanah yang mengandung organisme tanah yang banyak umumnya subur, karena pengaruh aktivitas organisme tanah akan menyebabkan peningkatan kesuburan tanah, baik secara fisik, kimia dan biologi.
image
Gambar 1.33 Organisme Tanah

Secara umum organisme tanah tanah dikelompokkan menjadi dua, yaitu (1) fauna atau hewan tanah, dan (2) flora atau tumbuhan tanah.
1. Fauna atau hewan tanah
Fauna atau hewan tanah adalah hewan yang hidup di dalam tanah. Fauna tanah dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu makro fauna dan mikro fauna.

a) Makro fauna yaitu hewan berukuran besar yang hidup di dalam tanah yang terdiri dari herbivora (pemakan tanaman) dan karnivora (pemangsa hewan-hewan kecil). Termasuk dalam kelompok herbivora adalah jenis cacing (Annelida), bekicot (Mollusca), kepiting (Arthopoda), kelabang (Chilopoda), kaki seribu (diplopoda), kutu (Arachnida) dan kelmpok serangga (insecta) seperti belalang, kumbang, rayap, jangkrik dan semut, serta hewan-hewan kecil lain yang bersarang dalam tanah.

b) Mikro fauna berupa pemangsa parasit, meliputi nematoda, protozoa, dan rotifera.

2. Flora atau Tumbuhan
Tanah Flora atau tumbuhan tanah adalah jenis tumbuhan yang hidup di dalam tanah. Adapun jenis tumbuhan yang dapat hidup di dalam tanah adalah jenis tumbuhan tumbuhan tingkat rendah dan biasa diklasifikasikan sebagai mikroflora. Termasuk dalam kelompok mikroflora ini meliputi (1) ganggang, terdiri dari ganggang hijau dan hijau-biru, (2) cendawan meliputi jamur, ragi, dan kapang, (3) bakteri aerobik dan anaerobik.