Home > Penanaman Rumput Laut > Penyakit Rumput Laut > Hama Rumput Laut Penyu Hijau dan Bulu Babi

Hama Rumput Laut Penyu Hijau dan Bulu Babi

Penyu Hijau (Chelonia midas), merupakan hama yang merusak tanaman budidaya rumput laut yang paling ganas. Penyu hijau biasanya menyerang pada malam hari. Hama ini dapat memangsa habis tanaman budidaya pada areal yang tidak terlalu luas. Tanda-tanda tanaman rumput laut terserang penyu hijau adalah tanaman hanya tertinggal pada ikatan tali saja dan tampak bekas seperti dipotong benda tajam.

image

Gambar 19. Penyu hijau salah satu hama rumput laut

Bulu Babi (Diadema), merupakan hama yang merusak bagian tengah thallus. Serangan bulu babi dapat mengakibatkan bagian cabang-cabang utama thallus terlepas dari tanaman induk. Larva bulu babi yang masih bersifat planktonis juga dapat menempel pada bagian-bagian thalus rumput laut, hal ini dapat menyebabkan terhalangnya thallus rumput laut dalam menerima cahaya matahari, sehingga secara tidak langsung dapat mengganggu proses fotosintesis pada thallus rumput laut.

Serangan bulu babi pengaruhnya relatif kecil dan tidak terasa terutama pada areal budidaya yang cukup luas. Hama bulu babi tidak menyerang rumput laut yang jauh dari dasar perairan.

image

Gambar 20. Bulu babi sebagai hama rumput laut (a) larva bulu babi yang bersifat planktonis dan (b) bulu babi dewasa sebagai grazer