" /> Penentuan Kadar Alkalinitas - TNeutron
Home > Pengelolaan Kualitas Air > Pengukuran Kualitas Air > Penentuan Kadar Alkalinitas

Penentuan Kadar Alkalinitas

Alkalinitas merupakan konsentrasi total dari unsur basa yang terkandung dalam air dan biasa dinyatakan dalam mg/liter atau setara dengan kalsium karbonat (CaCO3). Dikatakan bahwa alkalinitas dalam air tawar sangat berperan penting karena alkalinitas tidak hanya berpengaruh langsung terhadap pertumbuhan plankton, tapi juga mempengaruhi parameter-parameter lainnya. Alkalinitas adalah kapasitas air untuk menetralkan tambahan asam tanpa penurunan nilai PH larutan.

Alkanitas merupakan hasil dari reaksi-reaksi dalam larutan sehingga merupakan sebuah analisa “makro” yang menggabungkan beberapa reaksi. Alkalinitas dalam air disebabkan oleh ion-ion karbonat, bikarbonat, hidroksida (OH-) dan juga borat, fosfat, silikat dan sebagainya. Dalam air sifat alkalinitas sebagian besar disebabkan oleh adanya bikarbonat dan sisanya oleh karbonat dan hidroksida (OH-)

Alkalinitas merupakan kapasitas penyangga (buffer capacity) terhadap pH perairan yang terdiri atas anion-anion seperti anion bikarbonat (HCO3-), karbonat (CO32-) dan hidroksida (OH-).

Borat (H2BO3-), silikat (HSiO3-), fosfat (HPO42- dan H2PO4-) sulfide (HS-) dan amonia (NH3) dalam perairan yang dapat menetralkan kation hydrogen. Namun pembentuk alkalnitas yang utama adalah bikarbonat, karbonat dan hidroksida . Pengukuran alkalinitas dapat dilakukan dengan metode titrasi

Alat :
a) Tabung plastik
b) Erlenmeyer
c) Pipet

Bahan :
a) Indikator PP pH 4,5
b) Brom Cressol Red pH 8,3
c) Sulfuric Acid

Cara kerja :
a. Masukkan sampel kedalam botol plastik, lalu dituang kedalam erlenmeyer.
b. Tambahkan 1 tetes indikator PP, jika tidak berwarna PP = 0 ( langsung ke poin. 4).
c. Jika berwarna pink, tembahkan sulfuric acid tetes demi tetes sampai warna hilang (hitung jumlah tetes yang digunakan) (A ml)
d. Tambahkan 3 – 4 tetes Brom cressol Red lalau titrasi dengan asam sulfat sampai berubah warna dari biru kehijauan menjadi pink. (B ml)
e. Catat jumlah tetes asam sulfat yang digunakan.

Perhitungan :
1 tetes asam sulfat = 1 ppm
Alkalinitas pp karbonat (ppm CaCO3) = A x N titran x 100/2 x 1000 ml sampel
Alkalinitas Total (ppm CaCO3) = (A + B) x N titran x 100/2 x 1000 ml sampel