Relay Penunda Waktu

Time Delay adalah saklar penunda waktu yang digunakan sebagai alat bantu sistim pengendali. Terminal sumber tegangan terdapat pada nomor 2-7, Kontak NO pada terminal 1-3 dan 6-8 dan kontak NC terdapat pada terminal 1-4 dan 5-8.
image
Gambar 5-13. Hubungan terminal relay penunda waktu (TDR).

image
Gambar 5-14. Bagian depan relay penunda waktu (TDR).

image
Gambar 5-15. Mode operasi relay penunda waktu (TDR).

Kebanyakan dari relay penunda waktu yang mempunyai batas pengesetan waktu bervariasi. Contoh, relay penunda waktu memiliki pengesetan waktu dari 0,05 sampai 100 jam. Relay penunda waktu jenisnya ada dua on-delay atau off-delay yang dapat dihubungkan dengan beban, tergantung bagaimana keluaran dari pengawatan rangkaian. Pada ilustrasi yang ditunjukan pada gambar dibawah ini, sebagai contoh on-delay atau closed timer, juga disebut relay penunda waktu normally open, time closed (NOTC).

Pada contoh ini relay penunda waktu diset untuk menunda waktu 5 detik.
image
Gambar 5-16. Relay penunda waktu on-delay.

Jika S1 tertutup, relay penunda waktu mulai bekerja atau energizes (menghitung waktu). Setelah 5 detik, kotak dari relay tersebut tertutup, dan lampu indikator menyala. Jika S1 terbuka, relay penunda waktu tidak bekerja atau de-energizes, kotak dari relay tersebut secara bersamaan terbuka, sehingga lampu indikator padam.
image
Gambar 5-17. Relay penunda waktu on-delay setelah 5 detik.

TN

"Tasikmalaya, Indonesia"


"My Facebook"


"My Instagram"


"My Twitter"