" /> Alat Penyala Las Oxy-acetyline - TN Blogs
Home > Las Oxyacetylene > Alat Penyala Las Oxy-acetyline

Alat Penyala Las Oxy-acetyline

Menyalakan api las pada brander dianjurkan tidak memakai korek api biasa karena tangan dapat saja tersembur api las, yang dapat mengakibatkan luka bakar. Untuk menyalakan api las dapat menggunakan korek api las yang bertangkai panjang Korek api las tidak memerlukan bahan bakar. Campuran Oxy-acetylene merupa-kan zat yang sangat mudah terbakar, bunga api yang kecil sekalipun sudah cukup untuk menyalakan api Oxy-acetylene.

Oleh karena itu korek api las hanya menghasilkan bunga api yang diperoleh dengan cara menggo-reskan batu korek pada bahan kasar atau sejenis kikir halus. Bunga api yang terjadi sudah cukup untuk menyalakan campuran Oxy-acetylene yang berada dalam jangkauan bunga api tersebut.

 clip_image001
Gambar 7.29. Korek Api Las

Pembersih Moncong Brander

 clip_image002
Selama mengelas, ada kalanya lubang moncong brander kotor atau tersumbat oleh endapan karbon atau terak. Kotoran-kotoran tersebut akan mengganggu pekerjaan mengelas dan dapat mengurangi kualitas lasan. Agar dihasilkan pekerjaan lasan yang baik, kotoran karbon atau terak yang terdapat pada ujung moncong brander harus dibersihkan secara teratur. Untuk membersihkannya diperlukan alat pembersih khusus yang tidak merusak atau memperbesar lubang moncong.

Alat pembersih ujung moncong brander terdiri atas sejumlah kawat dengan diameter yang bervariasi. Pemilihan penggunaan kawat pembersih disesuaikan dengan ukuran lubang moncong brander, yaitu sama atau lebih kecil dari ukuran lubang yang akan dibersihkan.

 clip_image004 
Prosedur pembersihan ujung moncong brander adalah sebagai berikut.
a. Memilih diameter kawat pembersih yang sesuai dengan ukuran lubang moncong brander yang akan dibersihkan.
b. Membersihkan lubang moncong brander dengan cara menggesekkan kawat pembersih ke dinding lubang secara perlahan (tidak perlu terlalu ditekan atau digosokkan dengan kuat karena hal itu dapat merusak atau memperbesar ukuran lubang brander !!!).
c. Membersihkan dan meratakan ujung moncong brander menggunakan kikir kecil.
 clip_image005 clip_image006
Gambar 7.31. Prosedur Pembersihan Ujung Moncong Brander