" /> Katup Pengaman - TN Blogs
Home > Las Oxyacetylene > Katup Pengaman

Katup Pengaman

Katup pengaman mempunyai fungsi sama dengan kunci air, yaitu untuk menahan nyala balik. Katup pengaman harus dipasang pada acetylene tabung tunggal yang digunakan untuk melayani langsung satu pembakar tanpa kunci air. Katup pengaman dipasang diantara selang las dan brander, sehingga pada mesin las yang digunakan untuk melayani beberapa brander, maka katup pengaman harus dipasangkan pada setiap brander.
 clip_image001
Gambar 7.25. Katup pengaman acetylene dan oksigen

Cara kerja katup pengaman nyala balik adalah sebagai berikut.
a. Katup hanya dapat menyalurkan gas dari satu arah saja, yaitu dari regulator ke selang. Apabila ada nyala balik dari pembakar masuk ke selang akan tertahan oleh katup tersebut. Acetylene dari regulator dapat keluar setelah menekan pegas rambut dan pegas spiral yang ada.
b. Sebaliknya, gas dari selang tidak dapat masuk ke regulator karena katup selalu merapat pada dudukannya karena ditekan oleh pegas spiral yang ada.

Setting/Instalasi Peralatan Las
Setting atau instalasi peralatan las oxy-acetylene disesuaikan dengan pekerjaan yang akan dilakukan. Apabila pekerjaan yang dilakukan berpindah-pindah dan volume pekerjaan relatif kecil, maka setting peralatan portabel adalah pilihan yang tepat.

clip_image002
Gambar 7.26. Instalasi Peralatan Las Oxy-acetylene Portabel

Apabila menggunakan generator untuk memproduksi acetylene yang akan dipakai maka sebaiknya menggunakan kereta dorong terpisah antara generator dan tabung oksigen. Yang perlu diperhatikan pada setting peralatan, khususnya yang memproduksi sendiri acetylene dengan menggunakan generator maka diperlukan selang gas yang lebih panjang untuk memperoleh jarak minimum. Jarak antara generator ke tempat kerja tidak boleh kurang dari 4 meter, sehingga generator tidak terjangkau oleh percikan/loncatan bunga api yang terjadi di tempat las. Setting peralatan portabel biasanya hanya dipakai pada satu pasang tabung gas untuk satu brander.