" /> Komunikasi Gelombang Mikro - TN Blogs
Home > Distribusi Tegangan Rendah > Komunikasi Gelombang Mikro

Komunikasi Gelombang Mikro

Jangkau frekuensi untuk komunikasi dengan gelombang mikro (microwave) adalah 300 – 3000 MHz (dinamakan ultra-high frequency, disingkat UHF) dan 3000 30000 MHz (dinamakan super-high frequency, disingkat SHF).” Frekuensi UHF ke atas dinamakan gelombang mikro, meskipun ada juga yang menggunakan batas 1000 MHz. Frekuensi yang biasanya digunakan oleh perusahaan listrik’adalah frekuensi sekitar (band) 400 MHz, 2000 MHz dan 7000 MHz.

Spesifikasi peralatan yang digunakan untuk komunikasi radio pada frekuensi sekitar 400 MHz terlihat pada Tabel 6-6. Pancaran gelombangnya terbatas pada jarak yang dapat dilihat, yaitu untuk komunikasi antara stasion dengan rangkaian komunikasi multiplek di bawah 24 saluran (CH). Akhir-akhir ini, sistem ini banyak dipakai guna komunikasi radio mobil untuk pemeliharaan saluran tenaga di sekitar kota (suburb). Cara kerjanya sama dengan komunikasi VHF.

Telekomunikasi dengan gelombang mikro digunakan untuk saluran-saluran komunikasi yang terpenting yang memerlukan saluran bicara banyak. Dalam hal demikian, biaya pernbangilhan untuk setiap saluran bicara paling murah dibandingkandengan metoda komunikasi yang lain. Keuntungan yang lain adalah bahwa berisiknya sedikit, mutu suaranya baik dan keandalannya tinggi.

Dibandingkan dengan komunikasi PLC, komunikasi gelombang mikro lebih murah, karena harga kapasitor pengait dan jebakan saluran pada komunikasi PLC mahal. Kecuali itu, untuk PLC dibutuhkan peralatan yang penguatannya besar karena besarnya tegangan berisik korona terutama pada tegangan tinggi sekali. Oleh karena itu, bila saluran bicaranya enarn atau lebih, komunikasi gelombang mikro lebih ekonomis dan lebih stabil.

Gelombang mikro dipancarkan menurut garis lurus (seperti cahaya). Oleh karena itu pancaran gelombang mikro terbatas pada pancaran gelombang langsung dalam batas jarak yang dapat dilihat (kecuali pancaran gelombang terpencar di troposfir). Ini berarti, bahwa rugi pancaran (propagation loss) antara titik pancaran dan titik penerima berubah-ubah tergantung dari refraksi di udara (yang merupakan fungsi dari suhu di tanah, tekanan udara, kelembaban, kedudukan geografis) serta pengaruh gelombang pantulan (reflected). Fluktuasi ini dinamakan gejala menghilang (fading). Makin jauh jarak pancaran gelombang radio dan makin tinggi frekuensinya, makin besar gejala menghilangnya.

Dalam pernbangunan rangkaian gelombang mikro, stasion radionya harus diletakkan di tempat dimana gejala menghilang tidak akan banyak terjadi. Rangkaian itu juga harus direncanakan dengan memperhitungkan terjadinya rugi-pancaran karena gejala menghilang tadi. Sebagai antena gelombang mikro digunakan lensa elektro-magnetik, antena reflektor tanduk atau antena parabolis. Karena pertimbangan ekonomis antena yang terakhir banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan listrik. Setiap antena ini dapat disesuaikan (matched) dengan kearahan (directivity) yang teliti dan perolehan daya (power gain) yang tinggi. Ciri telekomunikasi gelombang mikro dimungkinkan oleh mutu antena ini. Seperti terlihat pada Gambar 6-91 antena parabolis (parabolic antenna) terdiri dari reflektor parabolis dan radiator primer yang meradiasikan gelombang-gelombang ke reflektor.

Sebagai saluran penghubung (feeder line) biasanya dipakai kabel koaksial untuk frekuensi sekitar 2000 MHz, sedang penuntun-gelombang (wave guide) persegi, eliptis atau bulat dipakai untuk frekuensi sekitar 7000 MHz. Seperti terlihat pada Gambar 5-93 untuk memungkinkan pemantulan gelombang menurut arah tertentu digunakan reflektor logam datar yang dinamakan reflektor pasip. Reflektor ini biasanya berukuran 3 m x 4 m, 4 m x 6 m atau 6 m x 8 m.

Peralatan telekomunikasi gelombang mikro terdiri dari pesawat pemancar dan penerima radio, pesawat pengulang (repeater) dan alat frekuensi-pembawa. Dewasa ini semua peralatan ini sudah ditransistorkan. Contoh pesawat pengulang keadaan padat (solid state) terlihat pada Gambar 5-90. Pesawat pengulang biasanya menggunakan sistem rele detektip (detective relay system) yang menerima gelornbang mikro, mendemodulasikannya, mengambil bagian videonya, lalu memancarkannya kembali sesudah memodulasikannya lagi. Ada juga sistem heterodin, yang menguatkan gelombang mikro yang diterima sesudah mengubah frekuensinya menjadi VHF, lalu memancarkannya kembali sesudah merubah frekuensinya menjadi gelombang mikro. Sistem terakhir ini jarang dipakai oleh perusahaan-perusahaan listrik.

 clip_image001