" /> Pembentukan Teknik Jigger-Jolley - TN Blogs
Home > Exact > Bentuk Benda Keramik > Pembentukan Teknik Jigger-Jolley

Pembentukan Teknik Jigger-Jolley

Teknik pembentukan dengan jigger-jolley merupakan salah satu alternatif dalam pembentukan benda keramik, teknik ini merupakan gabungan antara teknik putar dengan teknik cetak dan teknik bubut. Pembentukan dengan teknik jigger-jolley dapat dihasilkan benda keramik dengan bentuk dan ukuran yang sama, namun tidak semua bentuk benda keramik dapat dibuat dengan teknik ini.

Pembentukan dengan alat jigger-jolley ini pada prinsipnya menggunakan cetakan (mould) dari bahan gips (plaster of paris) yang dapat dilepas dan berputar pada dudukan cetakan (cup wheel head) dan dibentuk oleh pisau pembentuk (profile).

 clip_image001
Gambar 8.49. Produk teknik jigger jolley
 clip_image002
Gambar 8.50. Produk teknik jigger jolley

Secara umum alat jigger-jolley baik masinal maupun masinal digunakan untuk membuat atau rnemproduksi benda keramik dalam jumIah banyak (mass production). dengan bentuk yang sama dan waktu yang relatif cepat, tetapi jenis benda keramik yang dapat diproduksi dengan teknik ini sangat terbatas dengan bentuk seperti: cangkir, mangkok, cawan, dan piring.

Proses pembentukan benda keramik mesin jigger-jolley dapat dibedakan menjadi 2, yaitu:
Jigger
Pembentukan benda kerarnik dengan rnenggunakan cetakan gips yang berputar untuk membentuk bagian dalam dan pisau pembentuk (profile) yang dipasang pada tangkai pegangan (tool holder) untuk membentuk bagian luar benda keramik. Biasanya digunakan untuk membuat benda keramik berbentuk cawan dan piring.

JolIey
Pembentukan benda keramik dengan menggunakan cetakan gips yang berputar untuk membentuk bagian luar dan pisau pembentuk (profile) yang dipasang pada tangkai pegangan (tool holder) untuk membentuk bagian dalam benda keramik. Biasanya digunakan untuk membentuk benda keramik berupa cangkir dan mangkok.

Proses pembentukan benda keramik dengan jigger-jolley juga membutuhkan proses yang panjang apabila peralatan yang ada belum dilengkapi dengan cetakan gips dan pisau pembentuk (profile), karena cetakan harus dibuat lebih dahulu sebelum membentuk benda keramiknya.