" /> Penyiapan Clay Body untuk Pengujian - TN Blogs
Home > Exact > Clay Body > Penyiapan Clay Body untuk Pengujian

Penyiapan Clay Body untuk Pengujian

Penyiapan bahan tanah liat untuk proses pengujian merupakan proses penyiapan bahan tanah liat mentah (alami) menjadi suatu massa badan tanah liat yang plastis, untuk itu beberapa tanah liat lokal baik tanah liat sekunder atau primer (mineral terolah) yang ada di daerah perlu disiapkan. Hal yang perlu diperhatikan adalah:
  • Penimbangan harus akurat
  • Kondisi tanah liat harus benar-benar kering
  • Penyaringan dengan menggunakan mesh dengan ukuran 60
Proses Penyiapan Bahan untuk Pengujian Tanah Liat
1. Potong tanah liat menjadi bagian  yang kecil-kecil kemudian  keringkan semua tanah liat yang  akan digunakan di bawah terik  matahari. Hal ini perlu dilakukan  untuk memudahkan tanah liat  pada waktu di tumbuk dan untuk  mendapatkan ukuran berat yang  akurat pada penimbangan.
2. Tumbuk sampai halus semua  bahan tanah liat tersebut,  kemudian keringkan di terik  matahari.
3. Saringlah bahan tanah liat  menggunakan saringan 50-80  mesh, kemudian simpan di  dalam stoples-stoples khusus  dan berilah nama atau label  pada setiap stoples bahan tanah  liat.
4. Timbang masing-masing bahan  yang diperlukan berdasarkan  beberapa formula yang telah  dipilih, masukkan ke dalam  baskom atau ember plastik yang  telah diberi kode sesuai jenis  tanah liat.
clip_image001 clip_image002 clip_image003 clip_image004 
 
5. Campurkan masing-masing  bahan tersebut sesuai formula  tanah liat yang dibuat dan aduk  dalam keadaan kering agar  tercampur merata. Tuang air  secara sedikit demi sedikit  dengan menggunakan gelas  ukuran di atas campuran bahan,  sehingga menjadi suatu adonan  tanah liat plastis.
6. Ulilah campuran bahan tanah liat  tersebut sehingga menjadi suatu  adonan tanah liat plastis.
7. Masukkan massa tanah liat  plastis yang siap uji di dalam  kantong dan lakukan  pemeraman dalam bak  penyimpan.
 clip_image005 clip_image006 clip_image007
Untuk mendapatkan hasil yang baik, semua massa plastis siap uji sebaiknya disimpan dahulu sebelum digunakan di bak penyimpangan selama ± 1 minggu agar terjadi proses pembusukan oleh bakteri pembusuk yang dapat menambah tingkat keplastisan.