" /> Saluran Telekomunikasi - TN Blogs
Home > Instalasi Pembangkit Listrik > Saluran Telekomunikasi

Saluran Telekomunikasi

Hubungan antara RTU dengan komputer SCADA dilakukan melalui modem telekomunikasi yang berhubungan dengan saluran telekomunikasi. Saluran telekomunikasi dapat berupa saluran tersebut dalam butir a, b, dan c pasal ini.
∧ Teknologi terakhir cenderung menggunakan serat optik yang umumnya dimiliki perusahaan listrik dan dipasang dalam kawat petir yang ada di alas saluran transmisi. Penggunaan saluran fiber memberi keuntungan karena jumlah channel-nya dapat lebih banyak dari pada saluran power line carrier.

∧ Namun akhir-akhir sedang ada riset untuk dapat memanfaatkan sistem power line carrier bagi jangkauan yang lebih luas, yaitu dapat memasuki jaringan distribusi sampai ke rumah pelanggan listrik. Jika hal ini tercapai, maka jaringan tenaga fistrik dapat juga berupa jaringan telekomunikasi dan jaringan sistem informasi.

Lebih lanjut uraian mengenai sistem telekomunikasi dibahas pada Bab XII.
clip_image002

Gambar II.107 Diagram blok remote terminal unit (RTU)Keterangan:
TA = Transformator Arus; TT = Transformator Tegangan; A/D = Analog to Digital Converter; D/A = Digital to Analog Converter ; AO = Analog Output ; D = Digital Input – Output Unit; ROM = Read Only Memory ; RAM = Random Access Memory ; T = Transducer
 clip_image004

Gambar II.108 Contoh dari sebuah PLTU yang berdiri sendiri dengan 3 unitKeterangan:
T = Transformator;
G = Generator;
A, B, C = Contoh-contoh lokasi gangguan

Gangguan hubung singkat disebabkan karena terjadi hubung singkat dalam satu bagian sistem. Bagian yang paling banyak mengalami gangguan adalah saluran udara. Gangguan hubung singkat menimbulkan arus hubung singkat yang besar dan harus diperhitungkan dalam merencanakan instalasi. khususnya dalam menentukan spesifikasi teknis pemutus tenaga (PMT).