" /> Format Tampilan Video dan Animasi Web | TN Mikro
Home > Pemrograman Web > Pembuatan Halaman Web > Format Tampilan Video dan Animasi Web

Format Tampilan Video dan Animasi Web

Untuk menampilkan video pada halaman web dapat ditangani secara langsung oleh HTML5. Tag yang digunakan untuk menampilkan video adalah <video> </video>. Namun tidak semua format videonya dapat ditampilkan di web. Sementara ini, hanya beberapa format video yang bisa diproses, di antaranya adalah WebM ,OGG , MP4. Berikut daftar ke kompabilitasan dari masing-masing browser terhadap file video.
image

Dari tabel di atas dapat dilihat bahwa bila saat meletakan file mp4 di web yang kita buat, akan ada beberapa orang yang tidak bisa memutar hasil embed mp4 di web yan telah kita buat tersebut. Hal tersebut bisa jadi disebabkan browser yang digunakan tidak support pada file berekstensi mp4. Bila anda hendak menampilkan video pada halaman web sedangkan file video yang anda miliki berformat seperti *.avi, maka video dengan format *.avi tersebut harus dikonversi terlebih ke format yang didukung oleh HTML5 dengan menggunakan program gratis atau melalui layanan situs web.

Contoh program yang dapat mengkonversi format video adalah :
 Miro Video Converter dapat diunduh secara gratis atau melalui layanan www.microvideoconverter.com .
 FormatFactory  di unduh gratis di http://format-factory.en.softonic.com
http://video.online-convert.com  layanan konversi secara online

MIME untuk format Video
MIME (Multipurpose Internet Mail Extension) digunakan untuk mekanisme untuk mengirim berbagai informasi seperti text, aplikasi, gambar, suara, video, dan lain sebagainya agar browser tidak salah menterjemahkan konten yg diterima. Tidak hanya pada web, email juga menggunakan MIME. Berikut adalah tipe mime untuk format video.
image

Menyajikan file Video pada tampilan web
File video seperti mp4 dapat dimainkan pada halaman web melalui tag<video> < /video>. Ketika mencoba menjalankan video pada halaman web , file video ditempatkan dalam satu folder yang sama dengan file *.htm dan nama file audio nya disesuaikan dengan file audio yang anda gunakan.Berikut adalah format lengkap untuk memainkan video ke dalam aplikasi web
image

image

Atribut Height dan Width dalam tag <video> digunakan untuk menentukan tinggi dan lebar penampilan video. Atribut Src menentukan file video. Bila listing program diatas dijalankan akan menghasilkan tampilan video di browser chrome . Tekan tombol play untuk memulai menjalankan videonya
image
Gambar 13.1 video pada tampilan web menggunakan browser chrome

Bila dijalankan akan menghasilkan tampilan video di browser mozilla firefox, video tidak akan muncul hal ini dikarenakan browser mozilla firefox tidak mendukung format file *.mp4.