" /> Mengakses Terminal Sebagai Root Debian | TN Mikro
Home > Sistem Operasi Jaringan > Sistem Operasi Komputer > Mengakses Terminal Sebagai Root Debian

Mengakses Terminal Sebagai Root Debian

Agar dapat mengakses aplikasi terminal di Debian sebagai root dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa alternatif berikut.
1. Melalui menu Aplikasi > Aksesoris > Root Terminal. Setelah dipilih sistem akan meminta password root untuk membuka aplikasi ini.
image

2. Melalui aplikasi Terminal (Aplikasi > Aksesoris > Terminal), kemudian menjalankan perintah berikut.
image
pada tampilan yang muncul, masukkan pasword root dan tekan enter.
image

3. Menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Alt + F1 hingga Ctrl + Alt + F6. Agar dapat kembali ke tampilan desktop tekan Ctrl + Alt + F7. Secara bawaan (default). Tombol ini merupakan kombinasi tombol yang dapat digunakan untuk berpindah-pindah dari mode terminal teks layar penuh ke desktop dan sebaliknya. Pada terminal teks ini masukkan user dan password yang akan digunakan untuk login sebagai root. Sebagai ciri khasnya, setiap terminal yang diakses menggunakan user root akan selalu memiliki prompt # sedangkan user biasa akan diberikan prompt $.

Penggunaan Program Shutdown
Selain melalui akses GUI mematikan/merestart komputer juga dapat dilakukan melalui terminal. Berikut merupakan tabel variasi jenis perintah pada program shutdown beserta hasilnya.
image

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya perintah shutdown diatas hanya dapat dijalankan melalui terminal dengan akses root.