" /> Peta Memori | TN Mikro

Peta Memori

Setiap data informasi disimpan dalam memori pada suatu kumpulan lokasi memori. Ukuran data pada setiap alamat memori ditentukan oleh lebar bus data. Susunan lokasi memori dinamakan peta memory (space memory).

image

Gambar 9 Peta Memori

Pemahaman tentang peta memori sangat diperlukan, untuk merencanakan tempat menyimpanan data informasi pada saat melakukan perencanaan program. Gambar 1.9 menunjukkan posisi/arti : lebar bus data, alamat, dan lebar peta memori dalam peta memori. Setiap ruang memori mempunyai satu alamat sendiri-sendiri yang unik, yaitu tidak ada yang kembar/sama (00, AC, B8, FF). Kumpulan alamat ruang memori disebut “lebar peta memori”, sehingga jumlah data yang tersimpan dalam peta memori tergantung dari : lebar bus data * lebar peta memori Contoh :

Coba kalian perhatikan gambar CPU 8080 yang dilengkapi komponen pendetak 8224 dan buffer 8228 di bawah ini :

image

1. Bus data dapat dilihat dari D0 sd D7 berarti 8 bit, artinya mikroprosesor tersebut memiliki lebar bus data 8 bit
2. Bus alamat dapat dilihat dari A0 sampai dengan A15, berarti mikrprosesor tersebut mempunyai kapasitas memori sebesar 215= 64 K byte.
3. Bus Pengendaliannya adalah INT, HOLD, HLDA, DBIN, WR, SYNC, READY, RESET, yang masing-masing mempunyai fungsi tertentu dalam mengendalikan data yang masuk atau keluar mikroprosesor.

Karakteristik yang harus diperhatikan pada mikroprosesor
1. Ukuran bus data internal (internal data bus size) jumlah saluran yang terdapat daam mikroposesor yang menyatakan jumlah bit yang dapat ditransfer antar komponen di dalam mikroprosesor.
2. Ukuran bus data eksternal (external data bus size): Jumlah saluran yang digunakan untuk transfer data antar komponen antara mikroprosesor dan komponen-komponen di luar mikroprosesor.
3. Ukuran alamat memori (memory address size): Jumlah alamat memori yang dapat dialamati oleh mikroprosesor secara langsung.
4. Kecepatan clock (clock speed): Rate atau kecepatan clock untuk menuntun kerja mikroprosesor.
5. Fitur-fitur spesial (special features): Fitur khusus untuk mendukung aplikasi tertentu seperti fasilitas pemrosesan floating point, multimedia dan sebagainya