Home > Pengukuran Tanah > Ilmu Ukur Tanah > Peralatan Survei Sipat Datar

Peralatan Survei Sipat Datar

Sipat Datar adalah salah satu alat pada lingkup survei dan pemetaan yang biasa digunakan untuk mengukur beda tinggi antara titik yang satu dengan titik-titik lainnya, serta dapat pula mengukur jarak (disebut jarak optik = jarak tidak langsung)
Bagian-bagian Alat Sipat Datar :

  • Kiap Bawah (Trivet Stage) : adalah landasan pesawat yang menumpu pada kepala statip yang mana mempunyai lubang sekrup untuk mengunci agar pesawat menyatu secara kuat dengan statip
  • Sekrup-sekrup Penyetel Kedataran : adalah tiga buah sekrup untuk menyetel gelembung nivo tabung agar kedudukan nya ditengah-tengah, sehingga garis acuan sejajar dengan bidang horizontal
  • Kiap Atas (Tribrach) adalah landasan utama tempat berdirinya puncak tiga sekrup penyetel. Disamping itu juga sebagai pemikul bagian atas badan pesawat.
  • Teropong, didalamnya terdapat lensa objektif (di muka) dan lensa okuler (di belakang). Juga terdapat garis bidik, yakni garis khayal yang menghubungkan antara titik potong benang silang diafragma dengan titik tengah lensa objektif, diteruskan ke target/sasaran. Teropong ini hanya dapat diputar pada sumbu kesatu.
  • Nivo Tabung/Kotak adalah nivo yang digunakan sebagai pedoman penyetelan pesawat agar garis bidiknya sejajar dengan garis arah nivo. Nivo ini diletakkan menjadi satu dengan teropong.
  • Lensa Objektif, adalah salah suatu lensa pada teropong yang letaknya dibagian depan, dan paling besar
  • Lensa Okuler, adalah salah suatu lensa pada teropong yang letaknya dibagian belakang yang lebih kecil dari lensa objektif.
  • Cincin/Lingkaran Pengatur Diafragma, adalah alat yang digunakan untuk mengatur agar gambar/bayangan target kelihatan jelas didalam teropong.

Pada dasarnya alat Sipat Datar dapat dibedakan atas tiga tipe/jenis, diantaranya :
a. Alat Sipat Datar Tipe Kekar
Alat Sipat Datar tipe Kekar adalah jenis alat Sipat Datar yang konstruksinya solid dan sangat sederhana.
image
Gambar 43 Alat Sipat Datar Tipe Kekar (Dumpy Level)

Ciri-ciri alat Sipat Datar Tipe Kekar adalah : Garis bidik telah dibuat tegak lurus terhadap sumbu kesatu oleh pabriknya, sehingga jika gelembung nivo telah berada ditengah-tengah, ini berarti :
– garis arah nivo mendatar
– karena garis arah nivo sejajar dengan garis bidik dan garis bidik tegak lurus dengan sumbu kesatu, maka garis arah nivo tegak lurus dengan sumbu kesatu (sb. I).

b. Alat Sipat Datar tipe Ungkit
Adalah jenis alat Sipat Datar, yang bagian atas dan bawahnya dipisahkan oleh sebuah engsel atau sendi, sehingga teropongnya dapat diungkit naik maupun turun (ke atas / ke bawah) sedikit demi sedikit, agar kedudukan garis bidik tegak lurus dengan sumbu kesatu, seperti diperlihatkan pada gambar 2.
image
Gambar 44 Alat Sipat Datar Tipe Ungkit

Bagian-bagian dari Alat Sipat Datar Tipe Ungkit :

  • Kiap Bawah (Trivet Stage) : adalah landasan pesawat yang menumpu pada kepala statip seperti pada tipe kekar
  • Sekrup-sekrup Penyetel Kedataran : adalah tiga buah sekrup untuk menyetel gelembung nivo tabung/kotak, sehingga sumbu kesatu tegak lurus dengan bidang acuan nivo dan benang silang mendatar.
  • Kiap Atas (Tribrach) adalah tempat kedudukan nivo kotak serta engsel.
  • Teropong, agak berbeda dengan tipe kekar, karena didalam/diluar teropongnya terdapat nivo tabung (nivo koinsidensi)
  • Nivo Tabung/nivo koinsidensi adalah satu nivo yang digunakan untuk pedoman sejajar tidaknya garis bidik dengan garis acuan nivo.
  • Nivo Kotak, adalah nivo untuk pedoman bahwa sumbu kesatu telah tegak lurus dengan bidang acuan nivo
  • Sendi (Engsel), untuk penghubung bagian bawah dan atas pesawat, dimana melalui engsel inilah teropong dapat diungkit keatas/kebawah, agar garis bidiknya sejajar dengan garis acuan nivo dengan pedoman nivo tabung atau nivo koinsidensi.
  • Sekrup Pengungkit, digunakan untuk mengungkit teropong ke atas / ke bawah, sehingga gelembung nivo tabung/koinsidensi seimbang, yang berarti garis bidik tegak lurus sumbu kesatu.