Home > Pengelolaan Kualitas Air > Pengukuran Kualitas Air > Alat dan Bahan Pengukuran Kualitas Air

Alat dan Bahan Pengukuran Kualitas Air

Beberapa parameter kualitas air dapat diamati langsung saat melakukan sampling di lapangan, hal ini telah dipermudah dengan telah banyaknya perlengkapan kualitas air digital dan portable yang dapat dibawa langsung ke lapangan, bahkan saat ini juga telah banyak tersedia berbagai kit analisa kualitas air sehingga hal ini dapat mempermudah pengukuran kualitas air. Pengamatan dan pengukuran kualitas air langsung di lapangan mampu mendapatkan data yang lebih akurat tentang nilai kualitas air yang diperoleh sehingga analisa yang nantinya akan dilakukan berhubungan dengan kehidupan ikan yang dibudidayakan akan lebih tepat.

Namun ada juga beberapa kualitas air yang tidak dapat diukur langsung di lapangan, hal ini berhubungan dengan perlakuan, metode pengukuran kualitas air yang akan diamati, waktu pengamatan, hal ini biasanya terjadi pada pengukuran parameter kimia air atau biologi.

Persiapan alat dan bahan pengukuran kualitas air
Berbagai aspek parameter kualitas air untuk budidaya perikanan memiliki standart atau nilai kisaran yang masih dapat mendukung untuk kehidupan dan perkembangan makhluk hidup yang dibudidayakan, beserta peralatan pengukurannya dapat dilihat pada Tabel 17.

Tabel 17. Parameter kualitas air untuk budidaya dan peralatan pengukuran yang dapat digunakan.
image
image

image

image

image

image

image