Home > Pengelolaan Kualitas Air > Pengukuran Kualitas Air > Tingkat Kecerahan dan Kedalaman Air

Tingkat Kecerahan dan Kedalaman Air

Salah satu cara untuk mengukur kecerahan air dilakukan dengan menggunakan keping Secchi (Secchi-disk), yaitu sebuah keping bulat dengan garis tengah 20 cm yang terbuat dari seng dan dicat putih atau hitam-putih yang diberi pemberat. Alat tersebut diturunkan ke dalam air sampai tidak tampak, kedalamannya diukur, kemudian diturunkan lebih dalam lagi. Selanjutnya keping tersebut diangkat kembali dan apabila keping hampir tampak lagi, maka kedalamannya diukur lagi.

Harga rata-rata kedua pengukuran tersebut diambil sebagai kecerahan keping secchi. (Secchi disc visibility) dengan satuan sentimeter.
image
Gambar 28. Pengukuran kecerahan (a) secchi disk dengan skala pengukuran dan (b) penggunaan secchi disk

Kedalaman
Pengukuran kedalaman perairan dapat menggunakan tongkat berskala atau meteran tali berskala tergantung dari lokasi sampling. bila kedalaman lebih dari 2 meter maka disarankan menggunakan tali berskala. tongkat berskala dapat dibuat sendiri dengan menempelkan meteran pada tongkat kayu.

Tali berskala juga dapat dibuat sendiri dengan bantuan meteran yang diikat pada pemberat. tujuan digunakan pemberat pada tali adalah supaya tali tidak terbawa arus dan kedalaman yang terukur dalam keadaan tegak dengan dasar perairan.