" /> Proses Pembuatan Cetakan Gips - TN Blogs
Home > Exact > Bentuk Benda Keramik > Proses Pembuatan Cetakan Gips

Proses Pembuatan Cetakan Gips

1. Menentukan garis bagi pada  model untuk menentukan belahan  cetakan gips dan tentukan lubang  pengecoran untuk menuang slip  tanah liat. Lakukan dengan benar  agar tidak terjadi kaitan pada  waktu pencetakan.
2. Buatlah backing pada model  binatang menggunakan tanah liat  plastis sesuai dengan garis bagi  model yang telah dibuat. Olesi  model dengan larutan pemisah.
3. Tutuplah model dan backing  menggunakan lenoleum untuk  membuat cetakan gips yang  pertama, tentukan ketebalan  cetakan gips yang akan dibuat  (kurang lebih 6 cm).
4. Ikatlenoleum menggunakan karet  dan berilah pilinan tanah liat pada  bagian dasar agar tidak ada  adonan gips yang keluar.
clip_image001 clip_image002 clip_image003 clip_image004 
5. Buat adonan masa gips dengan  ukuran yang sesuai dengan ketebalan cetakan yang akan dibuat.
6. Tuang adonan gis ke dalam  cetakan model secara hati-hati  dan merata pada seluruh  permukaan model dan tunggu  hingga gips mengeras.
7. Buka lenoleum cetakan dan  backing tanah liat dari model,  buatlah beberapa lubang untuk  kunci cetakan gips kemudian  bersihkan. Olesi gips pada bagian  belahan cetakan menggunakan  larutan pemisah agar masing-  masing cetakan gips dapat  dilepas/dibuka dengan mudah.
8. Pasang lenoleum cetakan untuk  membuat cetakan gips sisi  lainnya kemudian olesi dengan  larutan pemisah, ikat lenoleum  dengan karet dan berilah pilinan  tanah liat pada bagian dasar agar  tidak ada adonan gips yang  keluar.
clip_image005 clip_image006 clip_image007 clip_image008 
9. Buat adonan gips dan tuang pada model secara hati-hati dan merata pada seluruh permukaan model, tunggu hingga cetakan gips menjadi keras.
 clip_image009
10. Buka lenoleum kemudian buka cetakan gips dengan hati-hati.
 clip_image010
11. Satukan cetakan, kemudian buatlah tirus menggunakan tanah liat plastis untuk membuat lubang cetakan gips. Pasang lenolium kemudian buat adonan gips dan tuang ke dalam cetakan untuk membuat cetakan gips berikutnya.
 clip_image011
12. Buka lenolium dan cetakan kemudian bersihkan dan jemur hingga kering.
 clip_image012