" /> Kapasitor Mika dan Keramik | TN Elektro
Home > Teknik Listrik > Rangkaian Listrik Dasar > Kapasitor Mika dan Keramik

Kapasitor Mika dan Keramik

A. Kapasitor Mika
Mika adalah merupakan zat yang terdapat secara alamiah yang karena struktur phisik kristalnya yang serupa dengan pelat, sehingga menjadikannya dapat dilaminasi menjadi lembaran-lembaran yang sangat tipis sekali. Mika adalah jenis bahan yang sangat stabil dengan permitivitas yang tinggi, sehingga kapasitor kapasitor yang terbuat dari jenis bahan ini dapat menghasilkan spesifikasi unjuk kerja yang baik.
image
Gambar 5.4. Contoh konstruksi kapasitor Mika

Eletroda-elektroda logam yang dilapisi perak dihubungkan langsung pada lembaran-lembaran mikanya dan lembaran-lembaran tersebut ditumpuk sedemikian rupa lalu digulung menjadi kapasitor lengkap. Rakitan yang sudah terbentuk menjadi gulungan tersebut selanjutnya dirapatkan sekaligus disekat dengan plastik atau dicelupkan kedalam damar. Proses terakhir ini dapat meningkatkan keandalan yang lebih baik karena selama proses perapatan, tekanan yang diterapkan pada kapasitor lebih rendah.

B. Kapasitor Keramik
Berdasarkan jenis bahannya, jenis ini secara umum dapat dibagi dalam dua kelompok, yaitu jenis bahan dengan tingkat kerugian permetivitas rendah dan jenis bahan dengan tingkat kerugian permitivitas tinggi. Jenis bahan dengan permitivitas rendah biasanya dibuat dari steatite, adalah suatu mineral alamiah. Proses awal, bahan ini digiling sampai halus dan dipres kemudian dipanaskan sampai kira-kira 900 oC untuk menghilangkan ketidakmurnian (campuran bahan).

Tahap berikutnya adalah digiling kembali, dan dibentuk pada suhu sekitar 1300 oC. Kapasitor keramik secara umum mempunyai bentuk phisik dibuat piringan pipih atau persegi. Sebagai contoh, selembar pelat tipis yang diberi logam pada kedua sisinya dan sambungan-sambungan penghantar disolder padanya. Selanjutnya, pada bagian badanya diberi lapisan seperti pernis yang berfungsi sebagai isolasi. Kapasitor-kapasitor jenis bahan seperti ini mempunyai koefisien suhu yang rendah (± 30ppm/OC) dan biasanya disebut sebagai jenis kapasitor NPO (non polaritas).
image
Gambar 5.5. Contoh konstruksi kapasitor keramik

Bahan keramik dengan permitivitas tinggi mempunyai keuntungan dalam mendapatkan nilai kapasitansi yang besar dengan volume yang kecil, dan bahan yang dipergunakan adalah barium titanat, dimana besarnya permitivitas dapat mencapai sampai 10.000. Kapasitor-kapasitor jenis ini banyak dimanfaatkan untuk kopling dan dekopling pada kegunaan umum. Karena kapasitor jenis ini mempunyai nilai perubahan kapasitansi dengan variasi yang cukup lebar, untuk itu sangat cocok digunakan pada daerah aplikasi yang tidak menuntut spesifikasi yang terlalu kritis, seperti pengaruh yang disebabkan oleh perubahan suhu, frekuensi, dan tegangan maupun perubahan terhadap waktu.

Jenis bahan keramik monolitik atau jenis keramik berbentuk balok, merupakan jenis bahan yang relatif baru diperkenalkan. Pertama kali dikenalkan, dimaksudkan hanya untuk jenis kapasitor sebagai komponen yang berbentuk keping (chip-SMD) yang dapat dipasang langsung pada rangkaian-rangkaian film atau PRT. Keuntungan dari penerapan jenis ini adalah bahwa induktansi seri yang sangat rendah karena pada proses ini tidak diperlukan sambungan.

Dengan adanya kemajuan dan keberhasilan jenis bahan ini, kemudian sekarang dikemas dan dihubungkan sambungan elektroda sebagai penghantar. Pengembangan kapasitor jenis ini terbuat lapisan-lapisan yang tersusun berselang-seling yang terdiri atas dielektrikum keramik tipis yang terbuat dari bahan yang mempunyai permitivitas medium sampai tinggi dengan dipasang elektroda-elektroda. Untuk membentuk sebuah balok monolitik dan yang memiliki sifat seperti sepotong keramik , maka lapisan-lapisan tersebut dipres dan dipanasi.

Besarnya nilai kapasitansi yang bisa dicapai, misalnya untuk nilai sebesar 4,7 µF dengan tegangan kerja 50V-DC hanya berdimensi (12 x 12 x 5) mm3. Dengan demikian kapasitor dari jenis bahan ini juga banyak yang diaplikasikan sebagai kegunaan umum seperti kopling dan dekopling, dan sekarang banyak bersaing dengan kapasitor elektrolit kecil lainnya.