Teori Thevenin dan Norton

Sebuah rangkaian atau jaringan linear, aktif dan resistif yang mengandung satu atau lebih sumber tegangan atau sumber arus dapat diganti dengan satu sumber tegangan dan satu resistan seri (Theorema Thevenin) atau satu sumber arus dan satu resistan parallel (Theorema Norton). Tegangannya disebut sebagai tegangan pengganti UT dan sumber arusnya disebut sumber arus penggnati IT sedang kedua resistannya sama.
Teori Thevenin dan Norton hanya diterapkan untuk rangkaian dua terminal, yang terdiri dari elemen resistan dan sumber tegangan konstan.

Teori Thevenin
image
Gambar 4.2 Rangkaian aktif dua Terminal

Menurut Thevenin, sebuah rangkaian aktif dua terminal dapat diganti dengan sebuah sumber tegangan UT dan Resistan RT yang terhubung seri (Gambar 4.3).
image
Gambar 4.3 Sirkit ekivalen Thevenin

Dimana UT merupakan tegangan sirkit terbuka dari rangkaian dua terminal (Uab) dan RT merupakan resistansi total dilihat dari terminal a-b ketika sumber tegangan dari rangkaian dua terminal tersebut dihubung singkat.

Teori Norton
Dan menurut Norton, sebuah rangkaian dengan dua terminal dapat diganti dengan sebuah sumber arus konstan IT dan sebuah resistan paralel RT.
image
Gambar 4.4 Sirkit Ekivalen Norton

Di mana IT merupakan arus hubung singkat yaitu arus ketika terminal a-b dihubung singkat dan RT merupakan resistansi total dilihat dari terminal a-b ketika sumber tegangan dari rangkaian dua terminal tersebut dihubung singkat.

Contoh 1:
Tentukan sirkit ekivalen thevenin dan norton, dari suatu rangkaian aktif dua terminal yang memiliki dua resistor R1=10 ohm, R2=30 ohm, dan Us = 12V, seperti gambar berikut.
image

Solusi:
Menurut thevenin, sebuah rangkaian dua terminal dapat diganti dengan sebuah sumber tegangan UT, yaitu tegangan sirkit terbuka pada terminal a-b dan Resistan RT, yang terhubung seri, di mana RT adalah resistansi total ketika Us dihubung singkat (R1//R2).
Sirkit ekivalen thevenin adalah:
image

Di mana:
image

Menurut Norton, sebuah rangkaian dengan dua terminal dapat diganti dengan sebuah sumber arus konstan IT dan sebuah resistan paralel RT. Di mana IT merupakan arus hubung singkat yaitu arus ketika terminal a-b dihubung singkat dan RT merupakan resistansi total dilihat dari terminal a-b ketika sumber tegangan dari rangkaian dua terminal tersebut dihubung singkat.

Sirkit ekivalen Norton:
image

Di mana:
image

TN

"Tasikmalaya, Indonesia"


"My Facebook"


"My Instagram"


"My Twitter"