" /> Terminologi Pengambilan Sampel Minyak | TN Industri
Home > Produksi Minyak dan Gas > Teknik Sampling > Terminologi Pengambilan Sampel Minyak

Terminologi Pengambilan Sampel Minyak

Beberapa istilah yang terkait dalam metode ini adalah :
1. Sample :
satu bagian yang diambil/dipindahkan dari suatu volume total yang mungkin atau tidak mungkin mengandung konstituen (unsur pokok) dalam bagian-bagian yang sama yang ada dalam volume total tersebut.
2. Representative Sample :
satu bagian yang diambil/dipindahkan dari suatu volume total yang mengandung konstituen (unsur pokok) dalam bagian-bagian yang sama yang ada dalam volume total tersebut.
3. Spot Sample :

satu contoh yang diambil pada lokasi tertentu dalam satu tanki atau dari satu pipa aliran pada waktu tertentu.
4. Sampling :
seluruh langkah yang diperlukan untuk memperoleh satu contoh yang mewakili (representative) dari suatu pipa, tanki atau bejana lain, dan memindahkan contoh tersebut dalam satu wadah yang mana contoh uji yang mewakili dapat diambil untuk analisis.
5. Test Spicemen :
contoh yang mewakili (representatif), yang diambil dari wadah contoh primer atau intermediate, untuk dianalisis.
6. Surface sample :
spot sample yang disendok dari permukaan cairan dalam tanki.
7. Top Sample :
spot sample yang diperoleh 15 cm (6 in) dibawah permukaan atas dari cairan.
8. Upper Sample :
spot sample yang diambil dari pertengahan 1/3 bagian atas isi tanki (berjarak 1/6 kedalaman cairan dibawah permukaan cairan).
9. Middle Sample :
spot sample yang diambil dari pertengahan isi tanki (berjarak 1/2 kedalaman cairan dibawah permukaan cairan).
10.Lower Sample :

spot sample yang diambil dari pertengahan 1/3 bagian bawah isi tanki (berjarak 5/6 kedalaman cairan dibawah permukaan cairan).
11.Bottom Sample :
spot sample yang dikumpulkan dari material pada bagian dasar tanki, kontainer atau pipa aliran pada titik paling rendah. catatan : – terminologi tentang bottom sample sangat bervariasi. – dianjurkan lokasinya ditetapkan secara pasti (misal 15 cm dari dasar tanki).
12.Outlet Sample
Spot sample yang diambil dari dasar tangki pada outlet tank untuk tipe fixed atau floating tank.
13.Clearence Sample
Spot sample yang diambil 10 cm (4 in) dibawah lobang pipa keluar (outlet tank)
14.Drain Sample
Sample yang diperoleh dari „water draw-off valve‟ pada tangki timbun Catatan : Kadang-kadang drain sample sama dengan bottom sample untuk kasus pada tangki mobil

image_thumb

 

15.All-level Sample :
contoh yang diperoleh dengan memasukkan beaker atau botol bertutup ke suatu titik sedekat mungkin dengan „draw-off level‟, kemudian membuka tutupnya dan menaikkannya pada kecepatan sedemikian sehingga diperkirakan 3/4 terisi saat keluar dari cairan.
16.Running Sample :

contoh yang diperoleh dengan menurunkan beaker atau botol ke batas dari dasar „outlet connection‟ atau „swing arm‟ dan menaikkannya kembali ke bagian atas dari minyak pada kecepatan yang sama sehingga beaker atau botol kurang lebih terisi 3/4 ketika dikeluarkan dari minyak
17.Composite Sample :
gabungan dari spot sample yang dicampur dalam perbandingan volume material dari spot sample yang telah diperoleh.
18.Tank Composite Sample
Gabungan yang dibuat dari upper, middle dan lower sample yang berasal dari satu tangki.
19.Multiple Tank Composite Sample :
campuran dari contoh individu atau composite sample yang telah diperoleh dari beberapa tanki atau kompartemen kapal yang berisi material dengan grade yang sama.
20.Boring Sample :
contoh dari material yang terkandung dalam suatu tong, kotak, kantong atau batang/balok yang diperoleh dengan melobangi material dengan suatu bor.
21.Dipper Sample :
contoh yang diperoleh dengan menempatkan suatu „dipper‟ atau wadah pengumpul dalam celah dari suatu aliran untuk mengumpulkan sejumlah volume pasti pada interval waktu tetap untuk kecepatan alir konstan atau pada interval waktu bervariasi yang sebanding dengan kecepatan alir.
22.Grab Sample :
contoh yang diperoleh dengan mengumpulkan kuantitas sama dari bagian suatu pengiriman padatan
23.Grease Sample :
contoh yang diperoleh dengan menyendok/mengeduk atau „dipping‟ sejumlah kuantitas dari material lunak atau semi-cair yang terkandung dalam bungkus dengan cara yang representatif.
24.Tube Sample :
contoh yang diperoleh dengan suatu tabung pengambilan contoh atau pengambil khusus, baik sebagai suatu „core sample‟ maupun „spot sample‟ dari suatu titik khusus dalam tanki atau kontainer.