" /> Hal Penting Saat Melakukan Perawatan - TN Mesin
Home > Perbaikan Otomotif > Definisi Perawatan dan Perbaikan > Hal Penting Saat Melakukan Perawatan

Hal Penting Saat Melakukan Perawatan

Ketika melakukan bekerja untuk tujuan perawatan maupun perbaikan benda kerja, ada beberapa hal yang musti diperhatikan:
a. Perawatan dan perbaikan dilakukan sesuai prosedur dari SOP (Standard Operational Procedur), buku manual/instruksi kerja yang sesuai.
Prosedur Operasi Standar dikeluarkan oleh perusaah yang membuat dan menjual barang/produk tersebut, biasanya disertakan saat pengadaan barang/produk. Jika SOP tidak ditemukan, maka perawatan dan perbaikan mengikuti langkah keselamatan secara umum.

b. Ketika bekerja menerapkan perlindungan untuk keselamatan diri pekerja, barang dan lingkungan kerja. Alat-alat perlindungan diri pekerja seperti :
1) Sepatu keselamatan
2) Baju kerja
3) Kacamata
4) Masker
5) Kaos tangan
6) Topi.
image

Etika bekerja yang benar senantiasa mengikuti aturan bekerja di bengkel kerja. Didalam bengkel kerja selalu dapat ditemui tanda-tanda peringatan untuk siapa saja yang berada disana, baik pekerja maupun siapapun yang berada di lingkungan tersebut agar selama menerapkan apa yang di tuntut ditempat tersebut, seperti kewajiban menggunakan sepatu, mengenakan kacamata (saat menggerinda, mengebor, mengikir, memotong dsb) menggunakan kacamata las ketika mengelas, larangan merokok, menggunakan penutup telinga pada pekerjaan yang mengeluarkan suara bising, dan masih banyak lagi.

Perhatikan dan kenali maksud dari simbul-simbul keselamatan berikut:
image

c. Penggunaan alat dengan benar.
Ketika melakukan perawatan terkadang diperlukan peralatan bantu untuk melakukannya. Namun tanpa mengetahui peralatan yang tepat untuk melakukan suatu pekerjaan dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dikehendaki. Oleh karena itu pemahaman tentang alat menjadi suatu hal yang sangat penting dalam pekerjaan perawatan dan perbaikan. Kecelakaan kerja yang disebabkan karena kesalahan penggunaan alat dapat membahayakan pekerja, rekan kerja, barang dan atau alat itu sendiri.

Dibawah ini contoh kerusakan dan kecelakaan yang terjadi akibat keteledoran pekerja menggunakan peralatan ketika sedang melakukan perawatan atau perbaikan di tempat kerja dan karena kondisi alat yang kurang atau tidak terawat dengan semestinya.
image
Gambar baut tertarik dan patah

image
Gambar Kepala baut patah