Hukum Newton

Dalam keadaan sehari hari sering kita jumpai hal hal yang berhubungan dengan hukum Newton, sebagai contoh: jika kita dalam kendaraan yang sedang berjalan tiba tiba kendaraan tersebut direm, maka seluruh isi kendaraan termasuk badan kita akan bergerak kedepan , atau sebaliknya jika kita sedang berdiri diatas bis yang sedang diam tiba tiba bis maju maka badan kita akan bergerak kebelakang. Menurut Newton bahwa kedua kasus tersebut menandakan adanya gejala sifat kelembaman.

Hukum Newton I yaitu sebagai berikut : “ Sebuah benda akan tetap diam atau bergerak lurus beraturan , jika tidak ada gaya luar yang bekerja pada benda itu “
Hukum Newton yang kedua yaitu bahwa gaya adalah sebanding dengan massa dan percepatannya , secara matematis dapat ditulis dengan persamaan :

F = m . a
Keterangan:
F = gaya dalam satuan …………………. Newton , dyne
m = massa dalam satuan ……………… kilogram , gram
a = percepatan dalam satuan …….… m/s2 , cm/s2 .

 

Diatas telah dijelasan bahwa satu Newton adalah besarnya gaya yang bekerja pada massa sebesar 1 kilogram dan menimbulkan percepatan 1 m/s2. Sedangkan satu dyne yaitu besarnya gaya yang bekerja pada massa sebesar 1 gram dan menimbulkan percepatan 1 cm/s2 .

Hukum Newton ketiga yaitu aksi = reaksi : “Apabila suatu benda mengerjakan gaya pada benda lain sebagai gaya aksi, maka benda kedua ini akan mengerjakan gaya pada benda yang pertama dengan arah berlawanan sebagai gaya reaksi , besarnya gaya aksi sama dengan gaya reaksi .

image

Gambar 1.10 Gaya aksi dan reaksi

Sehubungan dengan pengetahuan statika, yaitu ilmu yang mempelajari keseimbangan gaya dengan gaya gaya tersebut suatu benda atau suatu sitem dalam keadaan diam, dengan hukum Newton ketiga merupakan solusi untuk mempelajari benda benda yang diam atau dalam keadaan seimbang . Perlu diketahui juga adanya ilmu yang mempelajari gerak dari benda dengan tidak mempelajari sebab sebabnya. Pengetahuan tersebut disebut dengan Kinematika. Sedangkan Ilmu yang mempelajari gerak dan sebab sebabnya disebut dengan Dinamika.