" /> Pengoperasian dan Jenis Konstruksi Rele - TN Mesin
Home > Kontrol Refrigerasi > Kelistrikan Refrigerasi Domestik > Pengoperasian dan Jenis Konstruksi Rele

Pengoperasian dan Jenis Konstruksi Rele

Tegangan operasi standar untuk koil solenoid rele mini menggunakan dua jenis sumber daya, yaitu AC dan DC.Untuk tegangan VAC hingga 240V, dan untuk tegangan VDC hingga 120V.Kotak rele dapat dipilih sesuai keperluan pemakainya, yaitu tipe DPDT, TPDT, FPDT.Arus nominal bervariasi, yaitu 3A, 5A, dan 7A. Untuk keperluan perakitan dan instalasi, tersedia berbagai tipe terminal rele, yaitu plug-in, PCB, dan solder, seperti diperlihatkan dalam Gambar 2.8.

Jumlah terminal rele bervariasi biasanya terdiri dari 8 terminal, dan 14 terminal, dengan formasi segiempat atau lingkaran.
image
Gambar 2.7 Konstruksi Rele Mini

Tata susun kontak pada rele mini agak berbeda dengan rele standar. Pada rele mini dikenal dengan istilah 2PDT yakni two pole double through, yang bermakna rele tersebut memiliki 2 kutub masing-masing kutub memiliki dua pasang kontak NO dan NC.
image
Gambar 2.8 Tipe Terminal Rele

Gambar 2.9 memperlihatkan contoh terminal rele mini tipe Plug-in dengan formasi lingkaran.Rele mini tersebut memiliki 8 terminal dengan tata susun kontak tipe DPDT. Kutub pertama adalah melalui terminal 11, dengan output terminal 14 (NO) dan terminal 12 (NC). Kutub kedua melalui terminal 21, dengan output terminal 22 (NC), dan terminal 24 (NO). Terminal A1 dan A2 adalah terminal untuk koil solenoid.
image
Gambar 2.9 Susunan Kontak Rele Mini tipe DPDT

Gambar 2.9 memperlihatkan rele mini dengan tata susun kontak tipe TPDT. Rele TPDT memiliki 3 kutub, dimana setiap kutub memiliki dua pasang kontak. Kutub pertama melalui terminal 11, dengan pasangan kontak NC melalui terminal 12, dan kontak NO melalui terminal 14. Kutub kedua melalui terminal 21, dengan kontak NC melalui terminal 22, dan kontak NO melalui terminal 24. Kutub ketiiga melalui terminal 31 dengan kontak N melalui terminal 32 dan kontak NO melalui terminal 34.
image
Gambar 2.10 Susunan Kontak Rele Mini tipe DPDT bentuk lingkaran

image
Gambar 2.11 Tipkal Susunan Kontak Rele Mini DPDT bentuk segi empat

image
Gambar 2.12 Tipikal Susunan Kontak Rele Mini TPDT bentuk segi empat

Seperti diketahui, kemampuan hantar arus yang dapat dilakukan oleh kontak rele terbatas, yakni berkisar antara 0,2A hingga 6A.