" /> Perlindungan Peralatan Hidrolik - TN Mesin
Home > Power Train dan Hydraulic > Peralatan Hidrolik > Perlindungan Peralatan Hidrolik

Perlindungan Peralatan Hidrolik

Spool katup, poros pompa dan motor yang dibiarkan kering bisa terkena karat dan korosi pada kondisi iklim yang kurang baik. Apabila kendaran disimpan diluar, maka disarankan agar melapisi semua permukaan yang tidak terkena cat dengan mengunakan grease pelindung apabila tidak digunakan dengan segera. Langkah penting dalam perawatan kendaraan yang menggunakan peralatan hidrolik adalah dengan mengcat. Cat ini melindungi permukaan kendaraan, dan juga dapat menyilaukan mata. Pembersihan secara keseluruhan dan persiapan harus dilakukan dengan benar, karena kerusakan pada komponen sistem hidrolik bisa terjadi.
image

Semua batang piston yang terkena cuaca harus dibungkus dengan tape pelindung. Cat dapat merusak elemen sealing pada penutup silinder dan dapat menyebabkan kebocoran pada saat batang piston ditarik. Pada saat seal poros motor dan pompa berada diluar lambung trust bearing, maka sangat penting memastikan bahwa seal juga dilindungi.
image

Semua spool katup kontrol, termasuk ujung open capped dan lubang aliran harus ditutup sebelum dilakukan pengecatan. Pembersihan kotoran, oli dan grease biasanya dilakukan dengan volatile mineral spirit atau thinner cat lain, yang bisa disemprotkan dan biarkan kering sebelum dilakukan pengecatan. Sebagian besar katup kontrol lansung (directional) memiliki pintu (port) silinder yang terblok pada posisi netral dan oli dalam silinder tidak dapat terkompresi.

Selama pengangkutan, mungkin silinder terkena beban kejut yang bersifat mekanis. Untuk mencegah kerusakan, gunakan penyangga dari kayu keras untuk mencegah bergeraknya batang piston selama pengangkutan. Cobalah menyimpan peralatan dengan silinder dalam keadaan tertarik atau memanjang sepenuhnya, gerakan yang ringan karena ekspansi oli lebih baik dari pada terjadinya tekanan ekstrim karena adanya ekspansi atau kavitasi oli yang terperangkap di dalam.

Penyimpanan dan penanganan oli
Penanganan dan penyimpanan yang tepat dapat mengamankan peralatan. Disarankan ada cara pengurangan kontaminasi, tetapi harus dicatat bahwa tak satupun prosedur yang bisa dilakukan apabila cairan yang terkontaminasi dimasukkan ke sistem.  Alat pemurni (Refiners) dapat mencegah masuknya bahan kontaminasi ke oli sampai ke waktu pengiriman. Hal yang penting agar hati-hati dalam mencegah masuknya bahan kontaminasi setelah pengiriman dan selama penyimpanan dan penanganan.

Pilih tempat penyimpanan yang bersih dan kering. Simpan drum di sampingnya dan tutup mereka untuk mencegah masuknya kontaminasi debu. Air yang ada diatas drum akan masuk lewat penutup drum dan masuk ke oli. Air yang ada dalam oli hidrolik akan mengurangi kehandalan dan umur pemakaian. Drum harus terlindungi dari adanya perubahan suhu secara tiba-tiba dan harus dijaga sepenuhnya. Sebelum membuka drum, bersihkan bagian atas drum dengan hati-hati supaya kotoran tidak jatuh ke oli.
image

Penapisan awal oli akan membantu dalam pemakaian oli yang bersih. Sebelum membongkar filler cap untuk menambahkan oli ke sistem hidrolik, bersihkan dulu penutupnya dan nozzle filler dengan menggunakan kain bebas lint yang bersih. Tutuplah dengan kencang reservoir setelah pengisian. Bagian penting dalam program perawatan preventif adalah menjaga agar oli tetap bersih.