" /> Antarmuka Mikrokontroler Dengan Display LCD | TN Mikro
Home > Sistem Kontrol > Merancang Rangkaian Kontrol > Antarmuka Mikrokontroler Dengan Display LCD

Antarmuka Mikrokontroler Dengan Display LCD

LCD (liquid crystal display) mempunyai antarmuka yang lebih baik jika dibandingkan dengan display LED, display LCD jauhlebih mudah untuk menampilkan pesan teks dalam display LCD. Display LCD juga mengkonsumsi daya yang lebih kecil dari pada LED. Namun demikian display LED mempunyai intensitas yang lebih baik dari pada display LCD. Display LCD dapat diperoleh dengan format 8× 2, 16× 2, 20 × 2 atau 20× 4. 20× 2 berearti terdiri dari dua baris yang setiap barisnya teriri dari masing-masing 20 karakter.

Display ini di dalamnya dilengkapi dengan pengontrol LCD. Gambar 1.30 menunjukan antarmuka dari sebuah display LCD dengan mikrokontroler. Terdapat tiga buah kontrol yang terdapat di display LCD yaitu: EN (enable), RS (register select) dan R/W (read/write). EN digunakan untuk menginstruksikan LCD bahwa mikrokontroler sedang mengirimkan data. Ketika RS adalah HIGH, data dari data teks akan ditampilkan pada LCD. Ketika RS adalah LOW, data diolah sebagai perintah atau instruksi ke modul LCD.

Ketika RW adalah LOW, instruksi pada bus data ditulis pada LCD. Ketika RW adalah HIGH, data akan dibaca dari LCD. Software akan meng-inisialisasi LCD untuk pertama kalinya dengan mengatur lebar dari bus data, dengan memilih karakter, huruf, pembersian LCD, tuning pada modul LCD, tuning cursor, pengaturan pasisi cursor dan lain sebagainya. Kemudian data akan di-displaykan dikirim ke garis data dan sinyal kontrol dibuat unruk meyakinkan bahwa LCD beroperasi dengan benar.

image

Gambar 32 Antarmuka display LCD dengan mikrokontroler