" /> Antarmuka Mikrokontroler Dengan LED dan Rele | TN Mikro
Home > Sistem Kontrol > Merancang Rangkaian Kontrol > Antarmuka Mikrokontroler Dengan LED dan Rele

Antarmuka Mikrokontroler Dengan LED dan Rele

Menghubungkan port parallel dengan LED
Konfigurasi secara umum untuk menghubungkan sebuah LED ke sebuah mikrokontroler adalah seperti ditunjukan pada gambar 1.21 (a) LED menyala ketika pin mikrokontroler diberi sinya LOW dan akan mati ketika pada pin mikrokontroler adalah HIGH. Tahanan yang terpasang pada angkaian digunakan untuk membatasi arus yang mengalir melalui LED.
Nilai tahanan ditentukan berdasarkan persamaan
R = (VCC – VLED)/I

Dimana VLED adalah tegangan di LED dan I arus yang mengalir melalui LED.
Pada umumnya VLED dan I adalah 1,5 V dan 20 mA. Jika kemampuan sumber arus mikrokontroler cukup untuk mengendalikan secara langsung LED, maka LED dihubungkan ke mikrokontroler seperti ditunjukan pada gambar 1.21 (b). LED dalam hal ini akan menyala jika pin dari mikrokontroler adalah HIGH.

image

Gambar 21 (a) Aktif Low

 

image

Gambar 22 (b) Aktif High

Antarmuka dengan Rele
Gambar 1.22 menunjukan diagram hubungan untuk antarmuka rele dengan mikrokontroler. Transistor NPN digunakan untuk menyediakan arus yang diinginkan ke kumparan rele karena mikrokontroler tidak dapat secara langsung dihubungkan ke pin mikrokontroler. Ketika pin mikrokontroler di set HIGH transistor akan ON, kemudian arus mengalir melalui kumparan dan kontak akan tertutup. Ketika pin mikrokontroler adalah LOW, transistor OFF dan arus induktor sekarang mengalir melalui dioda akan turun menjadi nol dan kontak akan terbuka.

image

Gambar 23 Antarmuka rele dengan mikrokontroler