Home > Pemrograman Web > Pengertian Web > File Standar URL

File Standar URL

Tidak setiap URL adalah terlihat begitu panjang. Banyak alamat tidak termasuk nama file, tapi hanya menunjuk ke sebuah direktori, seperti ini : http://www.w3schools.com/ http://w3schools.com/html/ Ketika server menerima permintaan untuk nama direktori bukan file tertentu, terlihat dalam direktori tersebut untuk dokumen default, biasanya bernama index.html. Jadi, sebenarnya secara tidak langsung, kita mengetikkan alamat lengkap seperti ini (sebagai contoh jika index.html sebagai default) : http://www.w3schools.com/index.html

Nama file default ( juga disebut sebagai file indeks) dapat bervariasi, dan tergantung pada bagaimana server dikonfigurasi. Dalam contoh ini, dinamai index.html, tetapi beberapa server menggunakan nama file default.htm. Jika situs menggunakan pemrograman server-side untuk menghasilkan halaman, file indeks mungkin diberi nama index.php atau index.asp. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa dalam contoh pertama, URL asli tidak memiliki garis miring untuk menunjukkan itu adalah sebuah direktori.

Ketika slash dihilangkan, server hanya menambahkan satu jika menemukan direktori dengan nama itu. File index ini juga berguna untuk keamanan. Beberapa server ( tergantung pada konfigurasi mereka) menampilkan isi direktori jika file default tidak ditemukan. Salah satu cara untuk mencegah orang melihat file-file pada direktori adalah memastikan ada file index di setiap direktori. Administrator server juga dapat menambahkan perlindungan lain untuk mencegah direktori ditampilkan di browser.

Setelah file index dibuka oleh browser, maka akan disajikan seluruh informasi yang ada dalam dokumen HTML dari file tersebut. Sebagai contoh dapat dilihat pada gambar berikut :
image
Gambar 1.4. Contoh Web

Di bagian atas Gambar 1.4, menampilkan halaman web minimal seperti yang muncul dalam browser. Meskipun terlihat sebagai satu halaman yang koheren, sebenarnya dirakit dari empat file terpisah: dokumen HTML ( index.html ), sebuah style sheet ( kitchen.css ), dan dua grafis (foods.gif dan spoon.gif). Dokumen HTML akan menampilkan semuanya.