" /> Memori dan Port Mikroprosesor | TN Mikro
Home > Sistem Kontrol > Merancang Rangkaian Kontrol > Memori dan Port Mikroprosesor

Memori dan Port Mikroprosesor

Memori adalah komponen yang digunakan untuk menyimpan instruksi-instruksi biner yang akan dijalankan oleh mikroprosesor, serta data yang digunakan untuk bekerja. Memori yang dapat langsung diakses oleh mikroprosesor, yaitu RAM (random access memory) yang dapat dibaca-tulis dan ROM (read only memory) yang hanya dapat dibaca saja. RAM merupakan suatu chip di luar dari mikroprosesar yang berupa memori yang sifatnya sementara dan mempunyai kapasitas tertentu. RAM untuk mikrokomputer aplikasi separti dalam gambar 2.4 dan table fungsi seperti dalam table II-1.

image

Gambar 5 Blok diagram RAM

Tabel 1 Tabel fungsi

image

ROM adalah tempat penyimpanan data yang fungsinya sebagai operasi system kerja untuk mengintruksikan ke mikroprosesor dimana ROM adalah tempat pemnyimpanan data permanen dan mempunyai kapasitas tertentu, diagram blok untuk ROM seperti pada gambar 2.5.

image

Gambar 6 Blok diagram ROM

Port input/output
Port input/output adalah komponen yang menghubungkan mikroprosesor dengan perangkat luar (harddisk printer, keyboard, monitor, dll.). Jadi port disini berlaku sebagai “pintu” ke perangkat luar. Sebagaimana memori, port I/O juga bukan merupakan komponen tunggal (artinya ada banyak port di dalam sistem komputer) yang masing-masing diberi alamat tertentu. Dengan demikian mikroprosesor tahu, misalnya, ke mana untuk mengirim data ke printer, mengambil data dari mouse dsb.