Home > Teknologi Bahan Furnitur > Pemeriksaan Bahan Kayu > Cara Susunan dan Penumpukan Kayu

Cara Susunan dan Penumpukan Kayu

Ada 4 macam penumpukan
a. Susunan Kotak
Cocok untuk pengeringan papan yang memerlukan pengeringan berangsur-angsur dan merata. Untuk menjaga supaya papan-papan tidak melengkung atau pecah-pecah antara papan yang di bawah dan atasnya harus dibei lat, sedangkanarah samping harus ada antara pula.
image

b. Susunan Sandar
image

Untuk susunan ini sama dengan susunan kotak, hanya pada susunan sandar memerlukan dasar dan rak-rak sandaran serta tidak dilindungioleh atap.

c. Susunan Silang
image

Cocok untuk kayu yang memerlukan pengeringan yang cepat, misalnya kayu yang mudah diserang cendawan. Kayu-kayu (papan-papan) disusun menyilang di atas kuda-kuda, sehinga merupakan huuf X atau V terbalik. Bagian bawah dari kayu jangan sampai kena tanah, untuk menjaga kerusakan karena bengkok-bengkok atau pecah bila sudah cukup kering segera disusun seperti susunan kotak.

d) Pengeringan Buatan
Pengeringan buatan pada kayu dilakukan dalam tunur/klin. Kemudian dipanasi dengan uap air sampai 100 C. Untuk mempercepat penguapan, maka dalam ketel tekanannyadibuat 50-70 mm.Hg. Juga dapat dibuat dalam ruang pengering (droogkamer). Kayu ditumpuk di dalamnya atau dimasukkan dengan lori . Pemanasan dilakukan dengan gas dengan temperatur tinggi. Maksud pengeringan buatan ini untukmenhemat waktu, juga untuk mendapatkan derajat kering yang tinggi guna berbagai keperluan.

Dihindarkan penguapan air di bagian luar. Lebih cepat dari pada transport air dari bagian dalam ke bagian luar. Dengan udara iar di dalam kayu diuapkan kemudian uapnya dihilangkan dengan sirkulasi atau peedaran udara. Pada proses pengeringan ini tidak boleh tejadi tegangan-tegangan yang menyebabkan perubahan-perubahan tak teratur dan pecah-pecah pada kayu. Maka pentinglah pengaturan temperature dan derajat lengas dalam droodkamer (ruang pengering).

Kalau kayu cepat kering maka bagian luar akan mengeras , pori-pori tertutup maka penguapan dari lapisan-lapisan lebih dalam sukar sekali. Jadi sudah dari permulaan tidak boleh dipakai udara yang telalu kering.
Untuk menghidarkan lapisan luar, maka udara itu harus mempunyai derajat lengas tertentu. Oleh suatu perlengkapan penyiram dimasukkan air panas ke dalam ruang pengeringan dari dalam, sehingga pengeringan lapisan luas dihindarkan.