Jenis-jenis Kayu Buatan

Kayu buatan berkembang seiring dengan meningkatnya kemajuan teknologi industri kayu dan membuat bahan-bahan kayu lebih terarah dan bermanfaat sesuai dengan kegunaan kayu pada umumnya dan kehidupan manusia khususnya. Kayu buatan dalam hal ini berupa papan kayu terdiri dari kayu lapis (plywood) dan papan partikel serta campuran bahan lain seperti kertas, gift, mika dan sebagainya. Adapun beberapa keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan kayu buatan ini yaitu:
 Menghemat penggunaan kayu
 Harganya yang efesien
 Kembang susut pada arah yang memanjang dan melebar jauh lebih kecil sehingga merupakan bahan yang memiliki stabilitas dimensi yang lebih baik.
 Mempunyai ketahanan lebih besar terhadap belahan dan retak.
 Memungkinkan penggunaan lembaran-lembaran papan yang lebih besar.
 Ringannya kayu lapis sehingga memudahkan perlakuan kayu lapis pada pembuatan barang tertentu.
 Memungkinkan mendapat efek nilai dekoratif yang lebih luas.
 Mampu menahan paku dan sekrup lebih baik.

Diantara kayu-kayu buatan tersebut seperti yang diuraikan di bawah in i
(a) Kayu Solid
Mempunyai kelebihan lebih kuat dan tahan terhadap cuaca normal atau perubahan cuaca yang tidak ekstrim. Tetapi, jika perabot terbuat dari kayu solid atau seluruhnya terbuat dari kayu, seperti kursi, meja, dsb, pastikan bahan tersebut terdiri dari kayu berkualitas baik, seperti kayu jati, sungkai, nyatoh, dsb. Konsumen biasanya dapat melihat jenis kayu yang dipakai pada sebuah perabot yang telah dicat / finishing dengan cara melihat bagian yang tidak terkena cat, biasanya pada bagian bawah meja, kursi, atau ditapak kaki meja, kursi, atau dalam rak lemari, atu tempat lain.

Jika perabot anda terbuat dari kayu solid, pastikan jenis catnya atau finishing adalah melamin atau PU ( poly urethane ), agar serat, urat kayu dan tekstur kayu tetap terlihat. Sehingga, kesannya bergaya etnik, klasik dan mewah tetap terjaga. Tetapi, biasanya harganya mencapai 3-4 kali harga perabot yang terbuat dari bahan lainnya.

(b) Plywood
Kayu lapis (plywood) adalah papan buatan dengan ukuran tertentu yang terbuat dari beberapa lapisan finir yang jumlahnya ganjil, dipasang dengan arah serat yang bersilangan saling tegak lurus, kemudian direkat menjadi satu pada tekanan yang tinggi dengan menggunakan perekat khusus. Yang paling umum dan sering digunakan adalah lapis tiga disebut tripleks atau three-ply. Plywood yang lebih dari tiga lapisan finir dikenal dengan nama multipleks atau multiply, seperti: lapis 5 (5 ply), lapis 7 (7 ply), lapis 9 (9 ply).

Kayu yang dibuat finir adalah dari jenis-jenis kayu lunak, ringan, kelas kuat dan kelas awetnya II-IV. Jenis kayu yang digunakan antara lain: meranti, keruing, merawan, kapur, kempas, mangir, damar. Sedangkan untuk finirnya menggunakan jenis kayu jati, sonokling, rengas, mahoni, maple dan sebagainya. Penggunaan kayu lapis ini antara lain:
 Perabot rumah tangga
 Alat-alat musik (gitar, drum, dan lain-lain)
 Barang-barang kerajinan
 Bahan produk furniture

(c) Tegofilm (MDF Film)
Papan buatan untuk tegofilm, umumnya terbuat dari campuran kertas. Ukurannya-pun sangat bervariasi. Tegofilm biasa digunakan untuk meja, almari, buffet (olympic). Adapun ukurannya adalah 4.0 MM 4 x 8, 9.0 MM 4 x 8, 12.0 MM 4 x 8, 15.0 MM 4 x 8, dan 18.0 MM 4 x 8.

(d) Blockboard
Blockboard dibuat dengan merekat kayu-kayu lat, sisi lawan sisi dan melapisi kedua permukaannya dengan selembar finir. Lebar kayu-kayu lat tersebut tidak lebih dari 25 mm. Blockbord mempunyai dua jenis yaitu lapisan melamin dan biasa. Papan buatan ini biasa digunakan dalam konstruksi pintu, panel-panel dinding, skat kamar dan pelapisan lantai. Adapun jenis dan ukuran dari block board tersebut adalah: 1). blockborad biasa, 15.0 MM 4 x 8 AK, 15.0 MM 4 x 8 UTL, 18.0 MM 4 x 8 AK, 18.0 MM 4 x 8 UTL, (keterangan AK: kayu sengon; UTL: kayu keras., 2). blockboard melamin, 15.0 MM 4 x 8 , 15.0 MM 4 x 8, 18.0 MM 4 x 8 AK, 18.0 MM 4 x 8.

(e) Partikel
Papan partikel adalah papan buatan yang terbuat dari serpihan kayu dengan bantuan perekat sintetis kemudian di pres sehingga memiliki sifat seperti kayu massif, tahan api dan merupakan bahan isolasi serta bahan akustik yang baik. Papan partikel memiliki beberapa sifat-sifat antara lain:
 Penyusutan dianggap tidak ada
 Keawetan terhadap jamur tinggi, karena adanya bahan pengawet
 Merupakan isolasi panas yang baik
 Sebagai bahan akustik yang baik
Papan partikel dapat digunakan untuk beberbagai keperluan, antara lain: untuk perabot, dinding dalam ruang, dinding antara, plafon dan lantai, dan sebagainya.