Home > Pemodelan Furnitur > Furnitur Secara Historis > Karakteristik Furnitur Modern

Karakteristik Furnitur Modern

Banyak anekdot dalam karakteristik furnitur modern, seperti misalnya ada semboyan “Bentuk mengikuti fungsi” digunakan secara bebas dan dalam hal gaya atau model, dimunculkan adanya “Gaya fungsional”. Gaya ini selanjutnya disebut “Gaya Internasional/ International Style” akibat dari prinsip design Bauhaus diterima, diimplementasikan, dan disebarkan oleh para disainer muda, sehingga berdampak terhadap perancangan. Misalnya skala model, kesederhanaan tipe, isu International style, saat itu menjamur. seiring dengan itu meningkat pula metode transportasi pengangkutan ke tempat-tempat yang jauh telah digunakan secara lebih rneluas, sehingga produksi besar-besaran itu menjadi lebih lancar dan sistematis.
image
Gambar Furnitur hasil Perancang Klasik untuk Furnitur Modern

Dalam disain arsitektur, penekanan kepada proporsi yang baik, garis-garis lurus dan sudut-sudut ruang telah diterapkan di dalam perancangan interior, dimana dinding dan plafon dibiarkan sederhana sehingga nampak jelas penempatan-penempatan fungsi furniture. Perhatian perancang selanjutnya diutamakan kepada kreasi di sekitar ruangan tersebut sehingga pas/cocok terhadap aktivitas orang secara dasar, misalnya dalam melakukan hal-hal : berdiri, duduk, bekerja, tidur, dan sebagainya. Demikian juga seperti fungsi dari alat penyimpan, tempat tidur, dan tempat duduk, disesuaikan dengan pembagian ruangan di dalam suatu gedung.

Furnitur yang bersifat berdiri bebas, dapat berpindah-pindah (moveable) seperti lemari pakaian, rak buku, cabinet/bufet dan bahkan tempat tidur, tereduksi dan beralih kepada yang bersifat tetap, permanen, lalu kemudian disebut “Built in Furniture”. Unit-unit furnitur ini biasanya memenuhi standard kenyamanan pemakaian, dan “Prefab” atau prefabicated, artinya, komponen dibuat di pabrik sementara perencanaan installing disesuaikan dengan ruangan-ruangan yang ada sehingga pas dan cocok.
image
Gambar Disain Grafis Model Lemari Hias Built in Furnitur

Mulai tahun tiga puluhan itu juga muncul semboyan “Bentuk berbasis fungsi” digunakan cukup meluas sehingga terkenal “ Gaya/model Fungsional dan “ International Style “. Furnitur pre fab bermula dan bertambahnya konsumsi dan pengharapan akan terpenuhinya permintaan produksi furnitur dengan waktu yang relatif cepat dan dalam kuantitas „yang cukup besar. Built in Furniture berkembang menjadi “Unit Furniture”. Sistem ini merupakan sistem unit yang secara prinsip membangun furnitur dari unit-unit penyimpanan (storage) dengan cara yang mudah, dan praktis sehingga terbentuk gabungan dari beberapa komponen.

Komponen-komponen tersebut biasanya dibuat mengikuti standard modul yaitu memenuhi standard ergonomik, dapat pengakuan internasional, dan pre fabricated.
image
Gambar Disain Grafis Periode awal Modern Unit Furnitur

Sejak pasca Perang Dunia ke I, bahkan sampai sekarang, tenaga kerja terampil, itu tidak banyak, lalu kemudian pihak industri berusaha untuk menekan sekecil mungkin penggunaan tenaga manusia, sehingga muncul penemuan baru tentang mesin-mesin produksi canggih, dan kenyataan sampai sekarang, bahkan mungkin sampai seterusnya, bahwa tenaga manusia itu digantikan oleh mesin-mesin yang canggih, sampai pada robotisasi.
image
Gambar Disain Produk Unit Furnitur Model Rak Hiasan