Home > Pemodelan Furnitur > Konstruksi Furnitur > Konstruksi Kerangka Carcases

Konstruksi Kerangka Carcases

Konstruksi Kerangka Carcase (Frame carcase) sederhana, bentuknya seperti skeleton yaitu berupa rangkaian bingkai kotak terdiri dari tiang (stiles) dan ambang (rails). Apabila frame carcase ini ditambah dengan konfigurasi ambang, tiang dan muntin pada berbagai posisi, maka frame carcase ini sudah bukan sederhana lagi. Sebagai tutup bagian atas carcase (Top carcase) dapat dipakai kayu lapis (plywood), hardboard atau MDF, kemudian dilem dan diklem, pada bagian atas carcase.

Ambang silang tahanan laci, dan tundan (shelves) adalah bagian pelengkap konstruksi rangka kotak (frame carcase) yang seringkali tidak bisa diabaikan dalam perencanaan, karena keberadaan laci pada konstruksi ini akan menambah fungsi carcase.
image
Gambar Konstruksi kerangka Carcase, model lama (Kerangkanya di ekspos)

a. Konstruksi Carcase Berpanel
Perancangan konstruksi ini sangat fleksibel, anda dapat melakukannya sesuai dengan keperluan dan peruntukkan. Salah satu ciri dari Konstruksi Carcase berpanel adalah bahwa pada kedua ujung carcase, samping kanan dan samping kiri konstruksi carcase ini terbuat dari papan solid, bukan dari rangka batang. Lalu diantara ambang atas dan ambang bawah tampak depan, biasanya dipasang suatu ambang yang posisinya bisa dekat dengan ambang atas, atau dekat dengan ambang bawah, atau bahkan ditengah-tengah, tergantung daripada jumlah ambang yang akan dipasang dan fungsi daripada ambang-ambang yang dipasang.

Bagian top carcase bisa dibuat dari kayu masif (solid timber), blockboard, corestock masif (solid), multipleks, atau papan partikel (Partcle board) dan “ditanam” di atas kerangka sehingga dapat menjamin aman dan kuat.
A = Konstruksi Solid carcase
B = Konstruksi Carcse berpanel bagian dalam
image

b. Konstruksi Carcase Masif (Solid End Carcase).
Konstruksi Carcase masif adalah tipe lain dari konstruksi Carcase, konstruksi ini sebagian besar atau bahkan bahkan seluruh komponen konstruksi terbuat dari papan solid, yang dimaksud papan solid adalah bisa dari papan kayu masif, kayu lapis (multi-pleks)/ panel olahan (manufactured boards), bockboard, corestock atau papan partikel (particle boards), dengan ambang atas dan ambang bawah terbuat dari bilah kayu masif.

Konstruksi Carcase masif, terdiri dari : samping kiri dan kanan (Solid Ends), daun panel atas ( Solid Top), Alas bawah dari kayu solid (Bottom Solid), dan biasanya dilengkapi juga dengan Plint, Tundan (Shelves), Pintu, Laci, dan tutup belakang.
image
Gambar Penerapan Konstruksi Carcase Masif

image
Gambar Penerapan Konstruksi Carcase Solid dengan Rangka Kaki

Konstrksi Carcase solid, dibuat dengan tujuan agar terpenuhinya keperluan penyimpanan barang-barang/ asesories yang relatif besar, dan terproteksi dalam kurun waktu lama, sehingga carcase tersebut harus terbuat dari bahan yang lebar, ketebalan yang merata, padat dan tidak menyusut atau mengembang terlalu ekstrim. Oleh karena itu bahan yang tepat dipakai untuk jenis konstruksi ini adalah papan panel solid manufaktur (manufacturing boards).
image
Gambar Rencana Bufet terdiri dari Konstruksi Solid Carcase
Bahan yang akan digunakan adalah manufacturing boards

c. Konstruksi Kotak
Yang termasuk pada kelompok tipe konstruksi kotak ini, adalah kotak peti kemas, konstruksi carcase khusus, konstuksi peti, dan konstruksi laci. Bentuk dan jenis komponennya tergantung dari fungsi dan peruntukkan dari konstruksi.
image_thumb[2]
Gambar Disain Konstruksi Box dengan variasi Kolom

Konstruksi dari Pembentukan dan Pembengkokan
Konstruksi ini terdiri dari satuan parts, ambang, tiang, dan komponen lainnya terbuat dari kayu padat (solid) atau melaminasi yang dibengkokkan dan/atau diformat/ dibentuk untuk keperluan desain furnitur, misalnya tempat duduk/kursi dengan sandaran bentuk lengkung.