Home > Pemodelan Furnitur > Konstruksi Furnitur > Teknik Pembengkokan Kayu

Teknik Pembengkokan Kayu

Hingga kini teknik penekukan kayu tetap merupakan teknik yang eksklusif, walau di negeri aslinya skandinavia, teknik tersebut sudah menjadi hal yang umum karena sejarah teknik perkayuannya yang sudah amat tua. Peralatan bending di Indonesia, masih merupakan barang mahal bagi workshop atau bengkel furnitur. Untuk tetap mencapai teknik penekukan kayu maka diperlukan cara khusus yang hanya dapat diterapkan pada jeins papan lapis. sedangkan untuk kayu solid lebih sering diupayakan dengan cara membentuk tekukan/ lengkungan dengan membuang bagian tertentu daging kayu sampai terbentuk tekukan yang diinginkan.

Teknik penekukan kayu merupakan satu upaya merubah sifat alamiah kayu dengan berbagai macam cara, pemanasan sehingga dapat mengatur partikel pembentuk kekencangan kayu, atau dengan cara membuat celah (groove) secara melebar di sepanjang bidang melintang dari arah tekuk papan (kerfing)

Alur Celah Tekuk
Caranya dengan membuat garis celah menggunakan gerjaji khusus (backsaw) dengan jarak antar celah (groove) yang teratur dan tergantung kurva tekukan. Dengan posisi celah berada searah dengan tekukan atau berada di bagian dalam. Penekukan kayu merupakan suatu proses melunakkan kayu secara temporer dengan menggunakan aliran udara panas maupun aliran air kemudian kayu dapat dibentuk menjadi kurvatur, streamline melalui proses penekanan (high pressure) dengan konsol hidrolic pada mal cetaknya dan kemudian dikeringkan untuk mendapatkan penekukan yang permanen karena sifat fisik partikel kayu yang telah diubah.
image

Gambar Pelengkungan Kayu dengan cara Kerf bending, Proses nya :
o Tentukan Tebal kayu yang akan dipakai
o Tentukan Radius lengkungnya
o Lukiskan Gambar lengkung secara presisi, diskala, sesuai dengan bentuk yang diinginkan
o Maka dengan membandingkan panjang radius luar/ cembung dengan panjang radius dalam/ cekung, anda akan mendapatkan selisih panjang yang harus terbuang
o Panjang kayu yang harus dibuang tersebut didistribusikan secara merata, berdasarkan tebal daun gergaji yang digunakan
o Jarak antar celah harus dibuat sama
image

Pelengkungan dengan Uap
Suatu proses pemanasan terhadap kayu dengan menggunakan alat pemanas melalui panas uap/ steam khusus berfungsi melunakkan serat kayu hingga mudah ditekuk. Proses penekukkan biasanya menggunakan strap atau alat bantu tekuk dan mal pembentuknya (fixture)

Tekuk lapis
Penekukan dengan beberapa tahapan laminasi, yakni merekatkan lembar perlembar papan dengan mengandalkan kekuatan lem sebagai pengikat keteguhan tekuk (dry-bent). Alat bantu lainnya adalah cetakan/mal (Male-female former).
image
Gambar Sample Furnitur Hasil Pembentukan dan Lengkungan

image
Gambar Sample Furnitur Hasil Pembentukan dan Lengkungan

Ada masalah yang harus anda carikan solusinya, yaitu bagaimana menggambarkan hasil disain furnitur dengan konstruksi dari pembentukan dan lengkungan, terutama bentuk lengkungan yang terukur dan akurat dari tiap bagian elemen konstruksi ?