" /> Definisi Kertas Komposit - TNeutron
Home > Pengolahan Perikanan > Pengemasan Produk Ikan > Definisi Kertas Komposit

Definisi Kertas Komposit

Kertas komposit adalah kertas yang diolah bersama-sama dengan bahan baku kemasan lain seperti plastik dan logam, yang bertujuan untuk memperbaiki daya rapuh, daya kaku dan kekuatan bahan. Kertas yang dicampur dengan logam dan dibentuk menjadi semacam kaleng disebut kaleng komposit, digunakan untuk jus sitrun, wadah bumbu (rempah-rempah), kotak coklat, sop kering, bahan kimia dan obat-obatan. Industri pengemasan telah membuat kertas kaleng komposit yang dapat menahan vakum dan menahan suhu sekitar 49oC, sehingga dapat digunakan untuk pengawetan selai (jam). Tube karton digunakan untuk margarin dan es krim.

Ada 3 (tiga) jenis konstruksi kaleng kertas komposit, yaitu : bentuk spiral, cuping dijahit (lap seam) dan komposi gulung (convolute). Bentuk spiral terdiri dari beberapa lapis bahan yang berbeda dengan sudut sambungan yang tumpang tindih. Badan komposit cuping di jahit, terbuat dari bahan yang dilaminasi, sedangkan jenis komposit gulung terdiri dari beberapa lapisan kumparan. Tube karton adalah kemasan berbentuk tube dari karton atau kertas.

Bentuk tube yang lebih besar disebut drum karton. Tube karton banyak digunakan untuk kemasan keripik, sedangkan drum karton digunakan untuk bahan berbentuk bubuk atau produk kering. Untuk pengemasan bahan cair maka kemasan karton dilapisi dengan plastik.

Keuntungan dari tube dan karton komposit adalah beratnya ringan, mudah dibuka dan ditutup, dapat dilapisi kembali dengan bahan lain sehigga bersifat kedap air. Biasanya dibuat dalam bentuk kotakan lipat / folding karton yang terbuat dari bahan karton duplek dan sejenisnya, ketebalan duplek disesuaikan dengan berat isi produk atau ketebalan sekaligus sebagai daya tarik tersendiri. Dengan berkembangnya teknologi pengemasan, kemasan kardus memiliki ketahanan yang baik terhadap kelembaban dan dapat didesain sesuai dengan sifat buah segar.

Teknologi tersebut diadopsi dari teknologi pengemasan produk hasil laut. Kemasan dari bahan lokal yang terbuat dari kertas kondisinya tetap baik walaupun ditempatkan pada ruangan dengan kelembapan hingga 80% (Trubusid, 2008). Berdasarkan dimensi alur, bagian kardus yang datar, dan jumlah alurnya, karton bergelombang dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu (International Trade Centre UNCTAD/ WTO 1993).:

  • · Karton tidak berlembar datar
  • · Karton satu muka,
  • · Karton muka ganda dinding tunggal,
  • · Karton muka ganda dinding ganda,
  • · Karton muka ganda tiga dinding