Home > Penanaman Rumput Laut > Pemeliharaan Rumput Laut > Faktor Jenis Pertumbuhan Rumput Laut

Faktor Jenis Pertumbuhan Rumput Laut

Faktor internal merupakan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dari dalam tubuh rumput laut itu sendiri. Faktor internal yang memepengaruhi pertumbuhan rumput laut antara lain adalah :

Jenis

Jenis rumput laut yang telah banyak dibudidayakan di perairan payau adalah jenis Gracilaria sp. Gracilaria juga memiliki beberapa jenis yang bagus untuk dibudidayakan antara lain Gracilaria verucosa, Gracilaria eucheumoides, dan Gracilaria folifera. Namun ketiga jenis Gracilaria ini agak sulit dibedakan, sehingga banyak orang mengenalnya dengan Gracilaria sp. atau sesuai nama daerah masing-masing seperti agar atau dongi-dongi.

image

Gambar 1. Rumput laut Gracilaria (a) Gracilaria verucosa, (b) Gracilaria eucheumoides, dan (c) Gracilaria folifera

Sedangkan untuk rumput laut yang telah banyak dibudidayakan di laut adalah dari jenis Kappaphycus dan Eucheuma. Beberapa ahli rumput laut telah membuat kesepakatan untuk mengelompokkan jenis rumput laut tersebut memiliki taxonomi yang sama yaitu Phylum Rhodophyta, Class Rhodophyceae, Subclass Florideophycidae, Ordo Gigartinales, Family Areschougiaceae, Tribe Eucheumatoideae, dari Tribe Eucheumatoideae dikelompokkan menjadi 3 jenis rumput laut yaitu Betaphycus spp, Eucheuma spp dan Kappaphycus spp yang ketiganya merupakan sumber karaginan.

Kappaphycus dan Eucheuma sejak 1970 menjadi sumber utama penghasil karaginan untuk industri sehingga lebih banyak dibudidayakan. Kappaphycus alvarezii memiliki nama dagang “cottonii”, Kappaphycus striatum memiliki nama dagang “sacol”, Eucheuma gelatinae dengan nama dagang “gelatinae” dan Eucheuma denticulatum memiliki nama dagang “spinosum”, ketiga jenis rumput laut penghasil karaginan inilah yang telah banyak dibudidayakan dan berkembang luas di seluruh dunia. perbedaan yang nyata dari ketiga jenis tersebut disajikan pada tabel 1 dibawah ini.

Tabel 1. Perbedaan Jenis Eucheuma dan Kappahycus

image

 

Eucheuma denticulatum memiliki ciri umum thallus silindris, permukaan licin, warna coklat tua, hijau-coklat, hijau kuning atau merah ungu. ciri khusus secara morfologis, jenis ini memiliki duri-duri yang tumbuh berderet melingkari thallus. Eucheuma denticulatum tumbuh dihampir seluruh perairan Indonesia.

image_thumb[4]

Gambar 2. (a) Kappaphycus alvarezii (cottonii), (b)Eucheuma denticulatum (spinosum) dan (c) Kappaphycus striatum (striatum/sacol)

Zucarello et al., (2006) menyatakan bahwa Kappaphycus dan Eucheuma sangat sulit dibedakan karena memiliki karakteristik morfologi yang mirip, didukung dengan semakin berkembangnya budidaya rumput laut dari kedua jenis rumput laut tersebut yang telah mengalami domestikasi. sehingga pembeda dari jenis Kappaphycus dapat dilihat dari strainnya yang memiliki karakter yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi jenis rumput laut.