" /> Hama Rumput Laut Ikan Beronang - TNeutron
Home > Penanaman Rumput Laut > Penyakit Rumput Laut > Hama Rumput Laut Ikan Beronang

Hama Rumput Laut Ikan Beronang

Hama makro merupakan organisme parasit yang berukuran lebih dari 2 cm yang terdapat dilokasi budidaya itu sendiri dan sudah dalam bentuk ukuran besar/dewasa. Ikan Beronang (siganus spp), merupakan hama perusak terbesar pada budidaya rumput laut. Benih ikan beronang mempunyai sifat bergerombol merupakan hama yang paling serius penyerangannya. Ikan ini menyerang seluruh thallus bagian luar, akibatnya rumput laut hanya tertinggal kerangkanya saja. Serangan ikan beronang bersifat musiman terutama pada musim benih, sehingga di setiap daerah waktu serangannya pun berbeda.

Ikan beronang memakan ujung-ujung thallus Gracilaria sp. Tanda pada rumput laut yang termakan ikan beronang adalah terdapat bekas potongan kecil pada ujung thallus, tidak semua thallus termakan habis dan rumput laut tidak mengalami pembusukan. Ikan beronang tidak memakan seluruh thallus. Thallus yang dimakan hanya percabangan yang paling muda. Biota ini menjadi salah satu pengganggu pada budidaya rumput laut karena sifat makannya yang bergerombol dan mencari tumbuhan hijau.

Ikan beronang mempunyai mulut yang kecil. Biota ini juga tidak memakan rumput laut sebagai makanan utama. Sehingga rumput laut yang dimakan hanya cabang thallus yang baru tumbuh atau yang muda saja. Berbeda dengan thallus yang dimakan penyu, ujung thallus yang termakan penyu akan mudah tumbuh lagi.
image
Gambar 18. Sekelompok ikan yang menyerang rumput laut