Home > Pengelolaan Kualitas Air > Identifikasi Kualitas Air > Pemanfaatan Arus dan Pergerakkan Air

Pemanfaatan Arus dan Pergerakkan Air

Adanya pergerakan air ini, mengakibatkan terjadinya perputaran (sirkulasi) panas,zat-zat terlarut dan jasad-jasad perairan. Dengan pergerakan air ini menimbulkan aliran yang tidak tetap (turbulensi) dan kecepatan massa air. Gerak turbulensi yang menjadi besar biasa disebut “sistem arus” yang terdiri dari:
a) Sistem arus tidak periodik.
Sistem arus ini merupakan aliran air satu arah. Pergerakan air ini disebabkan oleh:
(1) Perbedaan penyebaran panas,
(2) Adanya penambahan air dari luar,
(3) Pengaruh angin.

b) Sistem arus periodik.
Sistem arus ini terdiri dari dua bagian yang penting yaitu:
image_thumb[1]
Gambar 12. Pemanfaatan arus sungai untuk kegiatan rekreasi

 Gelombang permukaan.
Gelombang permukaan ini terjadi akibat reaksi antara tahanan permukaan air dengan angin yang berhembus yang menyebabkan pergerakan air. Besarnya gelombang permukaan ini sangat dipengaruhi oleh kecepatan angin, dan besarnya perubahan kecepatan angin menjadi energi kinetik dan energi potensial gelombang. Pengaruh gelombang ini terbatas pada lapisan air yang paling atas dan tidak berpengaruh pada pemindahan massa air yang lebih besar.

 Seiche.
Sistem arus ini merupakan pautan (terisolasinya) lapisan air pada suatu atau beberapa simpul. Arus ini menyebabkan perpindahan massa air yang lebih besar daripada gelombang permukaan. Sistem arus ini ditimbulkan oleh kelebihan tekanan permukaan air. Kelebihan tekanan ini ditimbulkan oleh pengaruh variasi barometer setempat, angin dan hujan.