Home > Tanah Pertanian > Peranan Tanah > Pengertian Struktur Tanah

Pengertian Struktur Tanah

Struktur tanah merupakan salah satu sifat morfologi (penampakan) tanah yang dapat diamati secara langsung. Morfologi tanah adalah deskripsi tubuh tanah yang menunjukkan kenampakan-kenampakan, ciri-ciri dan sifat-sifat umum dalam suatu profil tanah. Ciri-ciri morfologi tanah merupakan petunjuk dari proses – proses yang pernah dialami suatu jenis tanah selama pelapukan, pembentukan dan perkembangan. Perbedaan faktor–faktor pembentuk tanah akan meninggalkan ciri dan sifat tanah yang berbeda pula pada suatu profil tanah.

Struktur tanah adalah susunan butir-butir primer tanah dan agregat– agregat primer tanah secara alami menjadi bentuk tertentu yang dibatasi oleh bidang-bidang yang disebut agregat. Struktur tanah merupakan sifat fisik tanah yang menggambarkan susunan ruangan partikel tanah yang bergabung satu dengan yang lain membentuk agregat hasil proses pedogenesis. Struktur tanah berhubungan dengan cara dimana partikel pasir, debu dan liat relatif disusun satu sama lain.

Struktur tanah digunakan untuk menunjukkan bagimana ukuran partikel–partikel tanah seperti pasir, debu dan liat yang membentuk agregat satu dengan yang lainnya yang dibatasi oleh bidang belah alami yang lemah. Agregat yang terbentuk secara alami disebut ped. Struktur yang dapat memodifikasi pengaruh tekstur tanah dalam hubungannya dengan kelembaban, porositas, ketersediaan unsur hara, kegiatan organisme tanah dan pengaruh air.
image
Gambar 1.22. Struktur Tanah

image
Gambar 1.23. Ped