Pertumbuhan Rumput Laut

Pertumbuhan merupakan pertambahan ukuran sel atau organisme yang berlangsung secara kuantitatif atau terukur. Sementara perkembangan (diferensiasi) adalah proses menuju kedewasaan pada organisme, merupakan perubahan dari keadaan sejumlah sel membentuk organ-organ yang mempunyai struktur dan fungsi yang berbeda. Pertumbuhan juga dapat diartikan sebagai perubahan ukuran suatu organisme yang dapat berupa berat atau panjang dalam waktu tertentu.

Terdapat dua macam pertumbuhan yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan primer merupakan hasil pembelahan sel-sel jaringan meristem primer. Berlangsung pada embrio, bagian ujung-ujung tumbuhan seperti akar dan batang. Daerah pertumbuhan pada akar dan batang dibedakan menjadi 3 (tiga) yakni daerah pembelahan, daerah pemanjangan dan daerah diferensiasi. Sedangkan Pertumbuhan sekunder merupakan aktivitas sel-sel meristem sekunder yaitu kambium dan kambium gabus.

Pertumbuhan ini dijumpai pada tumbuhan dikotil, gymnospermae dan menyebabkan membesarnya ukuran (diameter) tumbuhan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
Pertumbuhan rumput laut terjadi karena rumput laut melakukan proses respirasi dan fotosintesis. Pertumbuhan rumput laut sangat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang berpengaruh antara lain jenis, galur/strain, bagian thallus dan umur bibit. Sedangkan faktor eksternal yang berpengaruh antara lain keadaan fisik dan kimiawi perairan. Namun demikian selain faktor-faktor tersebut ada faktor lain yang sangat menentukan keberhasilan pertumbuhan dari rumput laut yaitu pengelolaan yang dilakukan oleh manusia.