Strain Rumput Laut

Strain rumput laut akan terus berkembang sesuai dengan kemampuan perkembangbiakan dan karakteristik daerah pengembangannya. Apalagi jika sudah terjadi domestikasi di daerah tertentu. perbedaan strain rumput laut Kappaphycus alvarezii yang paling menonjol dapat dilihat dari perbedaan warnanya. Saat ini telah berkembang pula strain-strain yang dikembangkan di Indonesia sehingga diberi nama strain maumere, strain Bangkok, strain polewali, strain kangkung/gadis bali, dsb.

Penamaan strain ditentukan sesuai dengan nama derah perkembangan rumput laut tersebut. Kappaphycus alvarezii strain maumere juga berasal dari Filipina, dengan thallus berwarna coklat kemerahan dengan percabangan tidak teratur dan berdiameter besar.

image

Gambar 7. Berbagai strain rumput laut Kappaphycus alvarezii (a) maumere, dan (b) kangkung/gadis bali

Widyastuti (2007) dalam penelitiannya menyatakan bahwa pertumbuhan rumput laut Kappaphycus alvarezii strain maumere menghasilkan pertumbuhan dan hasil karaginan yang lebih baik dibandingkan dengan strain tambalang. demikian juga dengan Djokosetiyanto et al., (2008) yang membandingkan pertumbuhan antara Kappaphycus alvarezii strain maumere, sacol dan Eucheuma denticulatum menunujukkan bahwa strain maumere menghasilkan pertumbuhan yang paling cepat dan lebih tahan terhadap serangan penyakit.