" /> Beberapa Jenis Palu dan Pahat | TN Mesin
Home > Perbaikan Otomotif > Definisi Perawatan dan Perbaikan > Beberapa Jenis Palu dan Pahat

Beberapa Jenis Palu dan Pahat

Palu merupaan alat perawatan/perbaikan yang digunakan untuk memukul, memasang dan melepaskan komponen-komponen mesin seperti pada pemasangan bearing, melepas sambungan pada propeller shaft dan sebagainya, serta untuk membentuk benda krja sesuai keinginan dan disesuaikan dengan bentuk dasar dari palu. Ada berbagai macam bentuk palu, jika dikategorikan dari bahannya dapat dibagi menjadi dua yaitu: palu keras dan palu lunak.

a. Palu keras/palu besi
Kepala palu terbuat dari baja yang kedua ujungnya dikeraskan. Ukuran palu ditentukan oleh berat palu tersebut, biasanya antara 0,3 kg-1,4 kg. Bagian muka palu dibuat dalam berbagai bentuk, seperti bulat rata, dan menyilang pada kedua ujungnya. Palu kepala bulat, seperti palu konde agar saat memukul dapat terhenti di tengah-tengah pada satu titik pukulan.

b. Palu lunak
Palu lunak terbuat dari bahan kayu, plastik, karet, dan tembaga. Palu lunak digunakan untuk memasang dan membongkar komponen mesin yang tidak meninggalkan bekas pukulan pada benda kerja, misalnya pada bearing, poros komponen, kepala blok silinder, kepala silinder, dan komponen lainnya. Dibawah ini ditunjukkan berbagai macam palu :
image
Gambar Plastic Hammer dan Rubber Hammer

image
Gambar Ballpin Hammer

Pahat
Pahat (Chisel) digunakan untuk memotong, mebuat alur, meratakan bidang, dan membentuk sudut pada benda kerja. Macam-macam pahat:
a. Pahat pelat, untuk meratakan bidang dan memotong pelat logam.
b. Pahat alur, untuk alur dan sponeng.
c. Pahat setengah bulat, untuk membuat alur setengah bulat.
image
Gambar Flat Cold Chisel

image
Gambar Cape Chisel