Home > Power Train dan Hydraulic > Fisika Teknik > Momen dan Keseimbangan

Momen dan Keseimbangan

a. Momen
Dalam keteknikan banyak alat alat yang dapat digunakan untuk meringankan atau membantu pekerjaan , misalnya membuka mur atau baut, untuk membuka mur atau baut yaitu dengan cara memutarkannya dan bagai mana jika memutarkan mur atau baut dilakukan dengan tangan kosong ? Berat bukan ! Supaya mudah untuk membuka mur atau baut tersebut maka digunakan kunci. Gaya yang diberikan pada kunci dengan tangkai pendek dan tangkai panjang saat membuka baut yang sama akan terasa berbeda.

Ringan dan beratnya saat membuka mur dan baut tersebut tergantung pada panjang dan pendeknya tangkai kunci , semakin panjang tangkai kunci yang digunakan maka membuka baut akan terasa semakin ringan, hal tersebut dikerenakan momen. Alat alat keteknikan yang memanfaatkan momen antara lain: tuas , batang pemutar, engkol, dongkrak, puli / katrol, pedal rem dan alat alat lainnya.

Momen adalah hasil kali gaya dengan jarak dari gaya terhadap titik tersebut. Jika Gaya diberi simbol F dan jarak dari gaya terhadap titik adalah L , maka momen dapat ditulis :

M = F X L …………………………. (1)

image

Gambar 3.2 Prinsip momen

Untuk membedakan arah momen, macam macam momen terdiri atas:
1) Momen positif
Momen positif yaitu momen yang mempunyai arah kekanan atau searah dengan arah jarum jam .
2) Momen negatif
Momen negatif yaitu momen yang mempunyai arah berlawanan dengan arah jarum jam .
Perhatikan gambar berikut:

image

Gambar 3.3 Macam macam arah momen

b. Kopel

Kopel yaitu dua buah gaya yang sama besar, sejajar dan berlawanan arah dengan titik tangkap yang berlainan. Jika kedua gaya masing masing adalah F dengan jarak L , maka besarnya kopel yaitu:
K = F X L ………………….. (2)

image

Gambar 3.4 Prinsip kopel