Home > Power Train dan Hydraulic > Fisika Teknik > Satuan dan Melukis Gaya

Satuan dan Melukis Gaya

Sistim satuan yang berlaku umum terdiri atas :
o Sistim satuan MKS , gaya mempunyai satuan kgf
o Sistim satuan Britis , gaya mempunyai satuan lbf
o Sistim satuan SI , gaya mempunyai satuan N (Newthon) .

Melukis Gaya
Gaya adalah abstrak, tidak dapat dilihat , oleh kerena itu untuk melukis / menggambarkan suatu gaya harus ada persyaratannya yaitu : gaya dapat digambar jika :
o ada titik-tangkap gaya ;
o ada besar gaya ;
o ada arah gaya ;
o ada skala gaya dan skala panjang .

Jika keempat persyaratan di atas sudah terpenuhi maka kita tidak dapat menggambarkan gaya , lihat gambar berikut !

image

Gambar 2.8 Melukis gaya

 

1. Titik tangkap gaya
Titik tangkap gaya yaitu tempat gaya bekerja , lihat titik A pada gambar di atas . Besar gaya dinyatakan dalam banyaknya gaya dalam satuan N , kgf atau lbf.

2. Skala gaya
Supaya gaya dapat digambar maka gaya tersebut harus diskala dari besar gaya yang mempunyai satuan gaya [N] , [kgf] atau [lbf] menjadi garis yang mempunyai satuan mm, cm atau inchi dengan panjang sebanding dengan besar gayanya . Misalnya panjang 1 cm garis menunjukan 10 N , maka untuk menyatakan 50 N harus digambar garis sepanjang 5 cm , contoh skala gaya 1 cm # 10 N .

3. Arah gaya
Gaya mempunyai arah tertentu , misalnya gaya dengan arah kekanan mendatar , gaya dengan arah keatas dan sebagainya . Untuk menunjukan arah dari suatu gaya yaitu dengan anak panah . Lihat gambar di atas.

4. Skala panjang
Untuk menggambarkan suatu gaya perlu disesuaikan dengan kondisi kertas yang akan digunakan , misalnya letak antara gaya yang satu dengan gaya yang lain mempunyai jarak 4 meter sedangkan kertas yang akan digunakan adalah kertas A4 yang mempunyai ukuran 210 X 294 mm saja , jelas salah satu gaya tersebut akan terletak diluar kertas gambar , oleh kerena itu supaya semua gaya dengan jarak tertentu dapat digambarkan di atas kertas gambar maka jaraknya atau panjangnya harus diskala ,