" /> Operasi File Pada Sistem Linux | TN Mikro
Home > Sistem Operasi Jaringan > Sistem Operasi Komputer > Operasi File Pada Sistem Linux

Operasi File Pada Sistem Linux

Pada sistem Linux terdapat dua cara untuk melakukan operasi-operasi yang terkait dengan file ataupun folder, yakni secara GUI dan Teks (CLI).
a. Operasi File Berbasis GUI
Saat ini sudah terdapat banyak aplikasi pengelola file dan folder di Linux. Aplikasi ini dikategorikan sebagai File Manager. Contoh aplikasinya adalah Nautilus, Thunar, Dolphin dan sejenisnya. Operasi file yang dapat dilakukan user diantaranya penggandaan, pemindahan, penggantian nama, penghapusan, pembuatan file/folder baru, dan melihat informasi metaadata dari file/folder melalui window properties.image
Gambar 28. Aplikasi file manager Nautilus di Debian

Berikut ini diberikan beberapa shortcut keyboard untuk beberapa operasi file melalui aplikasi Nautilus.
Tabel 1. Perintah shortcut pada aplikasi Nautilus

image

image

b. Operasi File Berbasis Teks (CLI)
Terdapat sejumlah program yang telah disediakan oleh Linux untuk dapat melakukan operasi file pada terminal, melalui perintah-perintah. Berikut ini merupakan daftar perintah-perintah di Linux yang terkait operasi file.

image

image

Tombol tab pada keyboard dapat digunakan untuk meminta sistem menampilkan daftar perintah sesuai karakter yang diketikkan pada terminal. Misal untuk perintah ls /etc/bind/bind.keys, dapat dipercepat pengetikkannya menjadi: ls /etc/bind/bi<tekan tab>.