" /> Memperkuat Muatan Barang | TN Pangan

Memperkuat Muatan Barang

Antara tumpukan terakhir dan bagian belakang kendaraan pengangkut harus diberi ruang kosong. Karena itu, muatan harus diperkuat/diikat untuk mencegah pergeseran pada bagian belakang kendaraan selama proses pemindahan. Jika muatan bergeser, hal ini bisa menghalangi sirkulasi udara dan karton yang berjatuhan bisa berbahaya bagi pekerja yang membuka pintu di pasar tujuan. Penguat sederhana dari kayu bisa dibuat dan dipasang untuk mencegah kerusakan selama pengangkutan.
image
Gambar 42. Penguat muatan

Penguatan muatan bisa dilakukan dengan menggunakan penguat dari kayu, bantal udara atau blok styrofoam. Kuncinya adalah untuk menghentikan pergeseran tumpukan produk untuk mengurangi kerusakan selama pengangkutan.
image

Sistem pengangkutan sangat mempengaruhi Kesuksesan perdagangan baik lokal maupun internasional. Peran jasa transportasi terhadap infrastruktur erdagangan internasional sangat vital. Pengangkutan yang dilakukan harus tepat waktu dan mampu mempertahakan kualitas maupun kuantitas produk.

Selain itu biaya angkutan harus terjangkau, karena biaya yang mahal dan tidak pasti merupakan faktor penghambat proses pengangkutan itu sendiri. Hal tersebut merupakan faktor yang sangat perlu diperhatikan dalam melakukan proses pengangkutan.