Home > Pertanian dan Perikanan > Menyimpan Hasil Pertanian > Pengelompokan Komoditas Pangan

Pengelompokan Komoditas Pangan

Pengelompokan juga dapat dipersempit pada kelompok komoditas yang lebih kecil, misalnya kelompok buah-buahan masih dapat dikelompokkan lagi didasarkan iklim tempat tumbuhnya. Berdasar iklim tempat tumbuh, buah-buahan dapat digolongkan dalam dua golongan:
a. Buah-buahan iklim panas atau tropis
b. Buah-buahan iklim sedang atau sub-tropis
Buah-buahan iklim panas atau tropis yaitu buah-buahan yang tumbuh di daerah yang mempunyai suhu udara sekitar 25°C atau lebih, sedangkan buah-buahan iklim sub-tropis adalah buah-buahan yang tumbuh di daerah yang mempunyai suhu udara maksimum 22°C. Buah-buahan yang tumbuh didaerah panas atau tropis contohnya nanas, pisang, pepaya, adpokat, mangga, rambutan, duren dan sebagainya, sedangkan yang tumbuh di daerah iklim sedang dan sub-tropis contohnya anggur, apel, jeruk, arbei dan sebagainya.

Demikian juga kelompok sayur-sayuran, sayuran dapat dikelompokkan kedalam dua kelompok yaitu berdasarkan (1) bagian dari tanaman dan (2) berdasarkan iklim tempat tumbuh.
a) Berdasarkan bagian dari tanaman
Berbagai-bagian dari tanaman misalnya akar, umbi, batang, daun, buah, bunga, biji dan sebagainya dapat dimanfaatkan sebagai sayuran konsumsi, antara lain wortel, kentang, yang diambil dari bagian umbinya, kangkung, bayam, selada, sawi yang diambil dari bagian daun, asparagus, rebung dari bagian batang yang masih muda, tomat, cabe, labu siam, terong dari bagian buahnya, kacang merah, kacang hijau dari bagian buah bijinya. Pengelompokkan sayuran berdasarkan bagian dari tanaman tersaji pada tabel 1.

Tabel 1. Pengelompokan sayuran berdasarkan bagian dari tanaman
image

b) Berdasar Iklim tempat tumbuh
Pengelompokkan ini didasarkan pada iklim dimana sayuran dapat tumbuh dengan baik yaitu:

  • Sayuran yang tumbuh di daerah iklim panas atau tropis, yaitu daerah yang mempunyai suhu udara sekitar 25°C atau lebih. Contoh dari sayuran ini : daun pepaya, patai, jengkol, cabe, terong, kangkung, buncis, daun salam, sereh, ubi jalar, kunyit, jahe, daun singkong
  • Sayuran yang tumbuh di daerah iklim sedang dan sub-tropis yaitu daerah yang mempunyai suhu udara maksimum 22°C. Contoh dari sayuran ini : wortel, kobis (kol), brokoli, kentang, seledri, jamur, bakung, selada dan sebagainya.