Home > Pengolahan Tanah Liat > Asal Usul Tanah Liat > Tanah Liat Sebagai Bahan Keramik

Tanah Liat Sebagai Bahan Keramik

Tanah liat, dalam bahasa Inggris disebut clay, sangat menarik untuk dipelajari karena sebagai bahan baku keramik, tanah liat mengalami tahapan-tahapan yang kompleks untuk menjadi sebuah benda keramik yang keras dan kuat. Tanah liat adalah tanah yang unik.Teksturnya lembut dan mempunyai sifat istimewa yaitu plastis.Bukan karena tanah liat itu mengandung banyak air, tetapi memang secara struktur molekul tanah liat memiliki susunan yang teratur dan partikelnya berbentuk lembaran hexagonal (segienam) datar dan bertumpuk-tumpuk.
image
Gambar 1. Tanah liat alami

Apabila partikel-partikel ini bercampur air, maka air akan berperan sebagai pelumas yang mengisi ruang antarpartikel. Inilah yang menyebabkan sifat tanah liat yang plastis dan tidak patahpatah. Struktur ini sangat berbeda dengan tanah pasir misalnya.Tanah berpasir memiliki struktur yang tak beraturan, sehingga tanah berpasir sangat sulit untuk dibentuk karena tidak plastis.Oleh karena sifat platisnya tersebut, tanah liat mampu dibentuk sesuai keinginan.

Tanah liat mampu dibentuk silindris maupun setengah bola. Apabila tidak memiliki sifat platis yang baik, tanah –atau substansi lain- akan sulit dibentuk melengkung tanpa patah atau retak. Inilah salah satu sifat unik dan istimewa dari tanah liat. Tanah liat sebagai bahan utama pembuatan benda keramik terdapatdi hampir seluruh belahan dunia.Namun demikian, tanah liat tersebut memiliki sifat yang berbeda-bedasatu sama lain.

Tanah liat yang dapat digunakan untuk pembuatan benda keramik harus memenuhi persyaratan tertentu. Salah satu sifat tanah liat yang dibutuhkan untuk dapat dibuat benda keramik adalah memiliki daya kerja yang memungkinkan tanah liat tersebut untuk dibentuk dan dapat mempertahankan bentuknya hingga menjadi benda keramik melalui proses pemanasan (pembakaran). Tanah liat merupakan bahan plastis yang dapat berubah menjadi keras dan tahan terhadap air setelah mengalami proses pengeringan dan pembakaran.

Ada beberapa jenis tanah liat yang dapat langsung digunakan untuk pembuatan benda keramik, sedangkan yang lainnya harus dimurnikan terlebih dahulu atau harus dicampur dengan bahan lain agar dapat digunakan untuk membuat benda keramik. Contoh tanah liat yang langsung dapat digunakan tanpa mencampur dengan bahan lain adalah tanah liat earthenware dan stoneware, sedangkan tanah jenis porselen harus dicampur dengan bahan lain yang plastis (seperti: ballclay atau bentonite) agar mudah dibentuk.

Tanah liat dan mineral anorganik non logam lain adalah produk alam yang merupakan bahan baku pembuatan benda keramik seperti: perangkat makan-minum, bahan bangunan, bahan tahan api, alat elektronik, benda seni, benda kerajinan dan sebagainya.

TN

"Tasikmalaya, Indonesia"


"My Facebook"


"My Instagram"


"My Twitter"