" /> Persiapan Air Pengeboran | TN Sipil
Home > Teknik Pengeboran > Jenis Pengeboran > Persiapan Air Pengeboran

Persiapan Air Pengeboran

Air merupakan bahan yang digunakan untuk membuat lumpur pengeboran, membuat cement slurry dan untuk keperluan sehari-hari.Untuk itu perlu disurvei terlebih dahulu sumber air yang terdapat di lokasi atau di sekitar lokasi. Sumber air dapat dari sungai, danau, dan rawa-rawa. Kalau persediaan sumber air permukaan tidak mencukupi maka perlu melakukan pengeboran airtanah, dan apabila tidak ditemukan sumber air di lokasi maka air diangkut ke lokasi dengan menggunakan mobil-mobil tangki.

Setelah sumber air disiapkan selanjutnya pemasangan saluran–saluran air dan pompa, biasanya persediaan air disimpan dalam suatu tanki yang besar di sekitar lokasi pengeboran.
image
Gambar 2.6. Water Tank

Persiapan Peralatan Pengeboran.
Berdasarkan target yang mau di bor perlu dipersiapkan peralatan-peralatan pengeborannya. Peralatan-peralatan pengeboran harus dipersiapkan terhadap problem-problem yang mungkin akan dihadapi. Peralatan yang disiapkan didasarkan kepada kedalaman dari target dapat direncanakan ukuran dan kapasitas menara yang akan digunakan. Berdasarkan tekanan formasi yang akan di hadapi, dipersiapkan Blow Out Preventer yang sesuai.

Selain dari peralatan perlu juga dipersiapkan material-material yang akan digunakan untuk operasi pengeboran, misalnya material-material lumpur pengeboran dan material untuk penyemenan.

Rig Up
Kedatangan rig di lokasi pengeboran biasanya berupa bagian-bagian, kontraktor dan personal-personalnya dengan menggunakan mesin derek yang berat dengan segera mulai pemasangan dan pendirian menara bor. Rig up adalah merangkai peralatan pengeboran di lokasi, dan mendirikan menara. Peralatan-peralatan yang sudah dipasang perlu diperiksa dengan teliti, tentang kekuatan sambungannya dan kelengkapannya, untuk menghindari kecelakaan yang dapat merusak peralatan dan kemungkinan menimpa pekerja.

Tahap pertama dari rigging up adalah mulai memasang substructure langsung setelah pembuatan cellar selesai. Pada saat pemasangan substructure telah siap dan landasan dari rig telah dipasang, prime mover dan drawwork telah dipasang posisinya kemudian dicoba untuk segera dapat digunakan dan dijalankan.

Tahap selanjutnya melaksanakan pemasangan over head tools pada posisinya setelah pemasangan drilling line selesai salah satu ujungnya disambungkan pada drawwork. Dengan selesainya tahap ini dapat digunakan membantu pendirian derrick pada posisi tegak. Tahap-tahap diatas dapat diilustrasikan melalui gambar-gambar berikut:
image
Gambar 2.10. Perangkaian Substructure

image
Gambar 2.11. Dasar dari Mast Diangkat ke Rig Floor

Pada dasarnya persiapan tahap rigging up hampir dapat dikatakan mendekati penyelesaian, lokasi pengeboran tadi telah berubah menjadi suatu kompleks rotary drilling yang modern.