Home > Konservasi Tanah dan Air > Erosi dan Sedimentasi > Arc Info Sistem Informasi Geografis

Arc Info Sistem Informasi Geografis

Arc Info merupakan salah satu perangkat lunak GIS yang telah banyak digunakan oleh para ahli di bidang GIS. Pada prinsipnya Arc Info ini sangat mendukung dalam pembuatan dan pembangunan data base sebuah peta yang berdasarkan pada prinsip-prinsip informasi pemetaan yang terpadu.
a) Pengenalan Lingkungan Arc Info
Untuk memasuki lingkungan Arc Info, kita harus mengetahui letak folder programnya, maka langsung bisa diklik ArcW. Setelah langkah-langkah tersebut , Anda telah berada dalam lingkungan program Arc Info. Dalam lingkungan ini semua perintah masih menggunakan keyboard sebagai input device. Untuk memahami perintah-perintah tersebut tidak perlu dihafalkan, cukup dengan mengetikkan perintah Commands untuk melihat rangkaian perintah yang digunakan.

b) Pengisian Atribut (Arc Plot)
Tabel yang telah dibuat di dalam Arc Edit dapat diisi dengan atribut-atribut. Pengisian data pada tabel ini dilakukan dalam lingkungan Arc Plot pada Arc Info. Arc Plot sendiri sebenarnya merupakan atu lingkungan pada Arc Info yang berfungsi untuk mengatur tampilan agar dapat dicetak (plot) ke dalam kertas. Namun demikian Arc Pot ini dapat digunakan untuk mengisikan data ke dalam tabel peta. Penggunaan Arc Plot ini untuk mengisi data didasarkan pada segi kepraktisan antara data dan lokasi data tersebut.

c) Region Peta
Grid peta yang sudah dibuat di Auto CAD, sebelum diteruskan ke ArcView di region dulu di Arc Info sehingga dapat memudahkan pengisian data di ArcView nantinya
image
Gambar 9. Proses region peta di Arc Info

Arc View
Arc View merupakan salah satu perangkat lunak GIS yang berfungsi untuk mencetak peta. Arc View memiliki beberapa bagian yang saling berhubungan. Bagian-bagian Arc View yang dimaksud adalah jendela (window) yang terdiri dari :
a) Project Window (Jendela Utama)
b) View Window (Tampilan Peta)
c) Table Window (Tabel Peta)
d) Chart Window (Grafik dari suatu Tabel)
e) Layout Window (Setting Peta untuk Dicetak)
f) Script Window (Perintah Tambahan)

Selain itu juga ada beberapa bagian lain yakni menu utama (main menu), menu button (buttons), dan menu tool (tools). Masing-masing bagian (window) memiliki menu-menu yang berlainan saat bagian tersebut diaktifkan.
image
Gambar 10. Proses ArcView