Home > Penanaman Rumput Laut > Penyakit Rumput Laut > Hama Rumput Laut Makro

Hama Rumput Laut Makro

Bintang Laut (Protoneostes), merupakan hama yang mempunyai kemampuan memanjat pada tanaman rumput laut dan dapat menutupi cabang-cabangnya. Cabang yang ditutupi/ditempeli oleh bintang laut akan mati serta banyak percabangan yang patah. Larva bintang laut sama dengan larva bulu babi yang memiliki sifat planktonis, sehingga dapat menempel pada thallus rumput laut yang secara tidak langsung dapat mengganggu proses fotosintesis.

Serangan bulu babi pengaruhnya relatif kecil dan tidak terasa terutama pada areal budidaya yang cukup luas. Hama bintang laut tidak menyerang rumput laut yang jauh dari dasar perairan.

image

Gambar 21. Bintang laut sebagai hama rumput laut (a) bintang laut yang menyerang Caulerpa sp dan (b) larva bintang laut yang bersifat plantonis

Teritip yang mempunyai ukuran lebih besar menempel pada thallus yang tua sedangkan teritip ukuran kecil menempel pada thallus muda. Penempelan teritip biasanya diikuti dengan tumbuhnya lumut di sekitar thallus yang ditempeli. Sedangkan kerusakan yang timbul adalah thallus yang ditempeli lama kelamaan akan berwarna putih. Tanda- tanda rumput laut yang di tempeli oleh teritip di antaranya yaitu terdapat bekas potongan pada percabangan dan ujung thallusnya serta adanya pembusukan akibat potongan tersebut. Sedangkan kerusakan yang disebabkan oleh adanya penempelan teritip pada rumput laut adalah timbulnya lumut di sekitar thallus.

Siput merupakan salah satu hama yang banyak menyerang rumput laut yang dibudidaya ditambak seperti Gracilaria. Hama yang berasal dari jenis siput ini keberadaannya cukup merugikan bagi rumput laut tersebut. Siput ini akan memakan bagian ujung dari rumput laut yang masih muda dan bagian yang akan tumbuh dan berkembang. Tunas Gracilaria biasanya berbentuk silindris sampai pipih dengan tekstur seperti tulang rawan, percabangan banyak, ada yang sederhana tetapi ada pula yang rumit dan rimbun.

Setelah percabangan biasanya thallus menjadi lebih kecil. Gracilaria mempunyai pertumbuhan uniaxial, dengan sel tunggal yang tumbuh ditiap ujung tali. Kumpulan cabang dichotomous Gracilaria verrucosa mempunyai panjang hampir 30-40 cm. Thalii dapat berwarna hijau kecoklatan, merah, pirang merah kecoklatan merah tua, merah muda dan sebagainya. Jika bagian thallus ini dimakan oleh siput, maka rumput laut tidak akan tumbuh dan berkembang, dan bahkan lama-lama akan habis dimakan oleh siput tersebut.

image

Gambar 22. Siput yang menempel pada rumput laut